Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pasokan Melimpah, Harga Kebutuhan Pokok dan Cabai di Pekalongan Masih Stabil

PEKALONGAN, Jowonews.com – Harga kebutuhan pokok dan cabai di beberapa pasar tradisional Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memasuki H+13 Ramadhan 1441 Hijriah masih terpantau stabil karena pasokannya lancar serta melimpah.

Sejumlah pedagang di pasar tradisional Grogolan di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa harga beberapa kebutuhan pokok seperti daging sapi dan ayam, telur, beras, serta kebutuhan bumbu dapur masih stabil, bahkan cenderung turun.

“Harga daging, untuk saat ini belum naik dibanding bulan puasa sebelumnya. Untuk harga daging sapi saat ini masih sekitar Rp60 ribu per kilogram,” kata pedagang Nurjanah.

Saat ini, harga daging ayam ras sekitar Rp30 ribu per kilogram, daging sapi Rp55 ribu perkilogram hingga Rp60 ribu/ kilogram, beras Rp10.500 per kilogram, cabai merah besar Rp30 ribu/ kilogram, serta cabai rawit Rp35 ribu/ kilogram.

“Kendati harga daging, telur, dan cabai cenderung turun dibanding Ramadhan sebelumnya, daya beli masyarakat terhadap komoditas pokok masih normal,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop) Kota Pekalongan Bambang Nurdiyatman menjamin ketersediaan bahan pangan masih aman menjelang Ramadhan karena stoknya lancar dan melimpah.

“Oleh karena, masyarakat tidak perlu khawatir dan melakukan aksi borong bahan pangan karena stoknya masih mencukupi untuk beberapa bulan ke depan,” katanya.

Menurut dia, aktivitas transaksi jual beli di pasar tradisional juga masih berjalan normal, bahkan cenderung ada penurunan daya beli masyarakat namun tidak terlalu drastis.

Kendati demikian, kata dia, memang ada beberapa harga jenis kebutuhan pokok yang mengalami tren naik sehingga tim pengendali inflasi daerah (TPID) harus terus berkoordinasi dengan Perum Bulog setempat untuk melakukan pengawasan harga kebutuhan pokok secara berkala. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Harga Cabai di Kudus Alami Penurunan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...