Jowonews

Logo Jowonews Brown

PBB Kutuk Serangan Rudal Syiah Houthi ke Saudi

NEW YORK, Jowonews.com — Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Senin (26/3), dengan keras mengutuk serangan rudal pada Ahad yang dikaui oleh gerilyawan Yaman Al-Houthi terhadap kota besar Arab Saudi, termasuk Ibu Kotanya, Riyadh, kata wakil jurubicaranya.

Guterres mendesak semua pihak agar mematuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum kemanusiaan internasional guna melindungi warga sipil dan prasarana sipil dari serangan, kata Wakil Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Farhan Haq.

Sekretaris Jenderal PBB menyerukan penahanan diri di tengah meningkatnya ketegangan dan menekankan peningkatan militer bukan penyelesaian.

Ia menegaskan bahwa penyelesaian politik melalui perundingan melalui dialog antar-orang Yaman yang melibatkan semua pihak adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik dan menangani krisis kemanusiaan yang terjadi.

Pernyataan pada Senin tersebut menandai ulang tahun ketiga perang saudara di Yaman. Pasukan Al-Houthi, yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh, berhadapan dengan pasukan yang setia kepada Pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang didukung masyarakat internasional tapi kini hidup di pengasingan.

Pada Desember 2017, konflik meletus antara gerilyawan Al-Houthi dan pendukung Saleh, sehingga menewaskan Saleh.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi, yang didukung oleh Amerika Serikat, memerangi gerilyawan Syiah Al-Houthi. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...