Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PDIP Sragen Tak Sudi Koalisi dengan Golkar

PDIP

 

PDIP
PDIP

SRAGEN, Jowonews.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara tegas menyatakan tidak mau berkoalisi dengan Partai Golkar (PG) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sragen, 9 Desember mendatang. Bahkan, PDIP menantang bakal calon (balon) incumbent Agus Fatchurrahman untuk bertarung dengan balon yang akan diusung PDIP.

Sikap pongah itu disampaikan Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng, Minggu (17/5). Hal itu menyusul kian santernya wacana koalisi PDIP dengan PG Sragen untuk mengusung Agus Facthurrahman dengan kader PDIP.

“Kami memang mendengar ada isu PDIP akan mengusung bupati incumbent Agus Fatchurrahman dan dipasangkan kader PDIP. Kami pastikan isu itu tidak benar,” katanya.

Menurutnya, koalisi PDIP dengan PG tidak masuk akal dan sulit terwujud.

PDIP sebagai pemenang pemilu di Sragen tidak mungkin akan mendukung calon bupati dari parpol lain. “Kami terbuka koalisi dengan parpol apapun. Sampai detik terakhir, incumbent Bupati Sragen tidak melakukan pendekatan ke PDIP. Jadi kami pastikan PDIP akan mengusung pasangan calon sendiri,” jelasnya.

Anggota Fraksi PDIP DPR RI ini menjelaskan, proses koalisi PDIP dengan PG bisa saja terjadi jika incumbent melakukan pendekatan lebih dulu ke PDIP. Pendekatan bisa dilakukan sejak sekitar dua atau tiga bulan lalu saat penjaringan dimulai.

Karena tidak ada pendekatan, sehingga pintu koalisi dengan incumbent telah tertutup. Saat ini tahapan penjaringan balon bupati dari PDIP sudah fit and proper test tahap pertama di tingkat DPD PDIP Jawa Tengah.

Berikutnya tes psikologi dan wawancara oleh tim independen dari Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia (Himpsi). “Untuk Sragen, tinggal dua calon yang belum mengikuti tes, yakni Ricky Andriyadi Putra dan Sugiyamto. Sugiyamto kami beri kesmepatan tes susulan karena yang bersangkutan ijin umrah,” tandasnya.

Agustina juga menegaskan bahwa Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto tidak mengikuti penjaringan bakal calon dari PDIP. Yang bersangkutan sudah dilarang mendaftar karena telah menandatangani pakta integritas yang isinya tidak akan ikut pilkada. Ketua DPC memilih menjadi Ketua DPRD Sragen. (JN01)

BACA JUGA  Bupati Semarang Kalah Konfercab PDIP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...