Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pelaksanaan UNBK Hari Pertama Tingkat SMA/MA Kudus Berjalan Lancar

KUDUS, Jowonews.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada hari pertama berjalan lancar, termasuk suplai listrik dari PLN tidak mengalami pemadaman.

Kepala SMA 1 PGRI Kudus Bambang Sugiarto di Kudus, Senin, mengatakan untuk sesi pertama UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak ada kendala apapun, termasuk token juga lancar dan tidak ada masalah.

Jumlah peserta UNBK 45 siswa dan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama 22 siswa dan sesi kedua 23 siswa.

“Kewaspadaan dalam pelaksanaan UNBK terkait energi listrik PLN. Sepanjang tidak ada pemadaman listrik tentunya tidak membuat kami khawatir meskipun sudah disiapkan generator set (genset),” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari grup Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), untuk sesi pertama tidak ada keluhan apapun ataupun informasi terkait dengan kendala UNBK, termasuk listrik padam juga tidak ada laporan.

“Dari seluruh SMA, baik negeri dan swasta, di Kudus juga sudah melaksanakan UNBK secara mandiri,” ujarnya.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kudus, jumlah peserta UNBK tingkat SMA/MA di daerah itu 7.823 siswa berasal dari 17 SMA dan 36 MA.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Joko Susilo mengungkapkan sejak awal, semua sekolah di Kudus memang sudah siap melaksanakan UNBK secara mandiri.

Seluruh siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Kudus, katanya, sudah melakukan berbagai persiapan untuk UNBK, mulai dari mental, semangat, latihan, kesiapan materi, hingga doa bersama.

Pada UNBK tahun ini, lanjut dia, semua sekolah berbagai jenjang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri, sehingga tidak melaksanakan ujian di sekolah lain karena fasilitas yang dimiliki sekolah sudah cukup memadai.

“PLN dan Telkom juga sudah kami hubungi dan keduanya merespons dengan baik, sehingga saat pelaksanaan UNBK tidak ada gangguan,” ujarnya.

Jadwal pelaksanaan UNBK untuk SMK di mulai Senin (25/3) hingga Kamis (28/3), sedangkan SMA/MA/SMAK dimulai 1-8 April 2019, sedangkan jadwal UNBK untuk jenjang pendidikan SMP/MTs dimulai Senin (22/4) hingga Kamis (25/4).

Untuk siswa secara keseluruhan dari SMP hingga SMA berjumlah 27.867 siswa. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Tunggakan Pembayaran Listrik di Kudus Capai Rp 9,8 M

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...