Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pelatihan Pijat Bayi untuk Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak

SEMARANG, Jowonews.com – Stimulasi pijat pada bayi terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesehatan bayi lebih baik. Berbagai penelitian menunjukan bahwa, berat badan bayi prematur yang diberi stimulasi pijat menunjukkan kenaikan berat badan per hari 47% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi stimulasi.

Bayi yang dipijat cenderung lebih matang, baik dari segi motor, orientasi, maupun perilaku. Bayi prematur yang dipijat dengan kekuatan sedang juga lebih jarang rewel, menangis, maupun menunjukkan perilaku stres lainnya2.

Dengan latar belakang tersebut, Yayasan Mardi Waluyo Semarang, Rumah Sakit Hermina bekerjasama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Cabang Semarang mengadakan program Pelatihan Pijat untuk Bayi. Dan diadakan acara launching program tersebut yang diselenggarakan di Kantor Yayasan Mardi Waluyo Semarang, Kamis (12/5/2016).

Menurut Ibu Bray Siti Handoyo Pranowo selaku perwakilan Yayasan Mardi Waluyo menjelaskan bahwa, pijat bayi itu penting untuk tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus. Bisa menambah nafsu makan dan penting untuk sensor motorik.

“Yayasan kami, yang fokus kepada pendidikan dan kesehatan, bersyukur bisa berkontribusi dalam program ini. Semoga program ini bisa bermanfaat dan berkembang,” tutur Ibu Bray.

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kurang mampu agar diberi skill pijat bayi. Sejak awal pendataran pada awal april lalu, terdapat 27 orang pendaftar. Kemudian terseleksi menjadi 7 orang peserta program pelatihan.

“Peserta terpilih dari yang terbaik dan akan menjalani pendampingan dengan para ahli atau pakar pada pijat bayi,” tutur Surur selaku Kepala PKPU Semarang.

Dengan masa pelatihan selama 6 bulan, para peserta juga akan didampingi dan dibimbing dengan para pakar atau dokter anak di Rumah Sakit Hermina. Pelatihan perdana akan dilaksanan di Rumah Sakit Hermina pada 13 Mei mendatang. (jn03)

BACA JUGA  PLN Gandeng PKPU Resmikan Program Pelatihan Menjahit Tas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...