Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemberdayaan Desa/Kelurahan Perlu Diatur Perda

​UNGARAN, Jowonews.com – Sekretariat DPRD  Jateng kembali mengadakan seminar bertema “Menggagas Raperda tentang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan” di Kabupaten Semarang, Senin (24/7/2017). Usulan tersebut digagas oleh Komisi A yang menjadi bidang kerja. Acara itu dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono.

Menurut pandangan Komisi A, acuan dari pemberdayaan tersebut yaitu Peraturan Pemerintah No 43 Pasal 126. Dengan tujuan memberdayakan desa dalam melakukan aksi bersama sebagai suatu kesatuan tata kelola pemerintahan desa, kesatuan tata kelola lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat, serta kesatuan tata ekonomi dan lingkungan.

Dalam pasal tersebut pemberdayaan dilaksanakan oleh pemerintah desa, badan permusyawaratan desa, forum musyawarah desa, lembaga kemasyarakatan desa, lembaga adat desa, BUMDesa, badan kerja sama antar-Desa, forum kerja sama Desa, dan kelompok kegiatan masyarakat lain yang dibentuk untuk mendukung kegiatan pemerintahan dan pembangunan pada umumnya.

Anggota Komisi A Bambang Joyo Supeno mengatakan, desa memiliki hak asal usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa dari peserta menyatakan sangat mengapresiasi dan menyambut positif gagasan tersebut. Karena mempermudah tata kelola pemerintahan di lingkup Desa dan Kelurahan yang meliputi pelaksanaan, pelaporan, pembiayaan, peran serta masyarakat pengawasan dan pembinaan serta ketentuan peralihan.

Secara umum pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan bertujuan memampukan Desa dan Kelurahan dalam melakukan aksi bersama sebagai suatu kesatuan tata kelola Pemerintahan Desa dan Kelurahan, kesatuan tata kelola lembaga kemasyarakatan Desa dan Kelurahan serta lembaga adat, kesatuan tata ekonomi dan lingkungan.

Selain peserta yang dari Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah, narasumber pada seminar dari Dinas Pemardesa Dukcapil Jateng, FISIP Undip dan Kementerian Desa PDTT. Turut hadir, Sekretaris DPRD Jateng Indra Surya dan Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...