Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemerintah Kejar Target 10 Juta Sambungan Baru PDAM

JAKARTA, Jowonews.com – Pemerintah kini mengejar target 10 juta sambungan baru PDAM, utamanya bagi masyarakat miskin. Hingga kini target yang diharapkan tercapai pada 2019 itu baru tercapai sekitar tiga juta sambungan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan penyambungan pipa air bersih yang ditargetkan pemerintah menjangkau 10 juta rumah tangga harus mengutamakan rumah warga miskin agar biaya hidup mereka semakin murah.

“Rumah-rumah yang kurang mampu itu harus segera dikasih, agar biaya hidupnya murah,” kata Wapres saat membuka pameran dan konferensi forum air minum dan air limbah (Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum/IWWEF) 2016, di Jakarta, Selasa (3/5).

Untuk pembangunan sambungan air bersih tersebut dianggarkan hingga Rp70 triliun dari anggaran PDAM dan juga APBN.

“Tentu ini menjadi bagian upaya pemerintah karena fungsi air itu bermacam-macam pertama tentu kebutuhan pokok, kedua kesehatan, dengan air bersih penyakit juga akan berkurang. Serta tentunya tingkat kemahalan,” terangnya.

Menurut Wapres, pentingnya memberikan sambungan pipa air bersih kepada masyarakat kurang mampu karena mereka selama ini terpaksa membeli air sehingga pengeluarannya bertambah.

“Masyarakat yang tidak punya sambungan pipa air bersih harus beli air kalengan harganya sekitar Rp40 ribu, jadi rata-rata Rp300 ribu yang dikeluarkan untuk air saja. Jadi kita harus segera mencapai jumlah 10 juta sambungan agar beban keuangan masyarakat berkurang,” tambah Wapres. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...