Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan pada 18 Juni

JumpersJakarta, Jowonews.com– Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akhirnya mengumumkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan. Dalam keterangan persnya kepada wartawan, berdasarkan pengamatan hilal terpapar kesepakatan penentuan awal Ramadhan jatuh pada Kamis (18/6/2015) lusa.

Dengan adanya pengumuman ini, umat Islam bisa melakukan puasa ramadan secara serentak. Lukman berharap kebersamaan bisa dibangun sehingga persoalan bisa disikapi secara bersama-sama. “Bulan syaban digenapkan 30 hari, 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015,” jelas Lukman di Kemenag, Jl Thamrin, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dalam jumpa pers itu Menag Lukman didampingi Ketum MUI Din Syamsuddin dan KH Ma’ruf Amin. Sebelum menggelar jumpa pers, Menag bersama forum umat Islam dan ulama serta ormas Islam menggelar sidang Itsbat.

Forum sidang itsbat pun menerima masukan dari sejumlah ulama dan pimpinan ormas Islam. Setelah mendengarkan dan menimbang, forum #SidangItsbat secara aklamasi menyetujui bahwa 1 Ramadhan 1436H jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015

Sidang itsbat fase kedua ini dihadiri sejumlah pimpinan ormas Islam dan perwakilan kedutaan besar di Indonesia. (JN03)

BACA JUGA  Drawing Piala Suratin Jateng Berlangsung Panas

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...