Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemerintah Tetapkan Idul Adha Kamis 24 September

Senja di MAJT
Senja di MAJT

SEMARANG, Jowonews.com – Pelaksanaan Idul Adha 1436H tahun ini dipastikan berbeda. Ormas Muhammadiyah sudah mengumumkan Idul Adha jatuh pada Rabu 23 September 2015. Pemerintah memutuskan Idul Adha 1436H jatuh pada Kamis 24 September 2015.

Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Jateng,  kemarin sore melakukan rukyatul hilal (melihat bulan) di Menara AlHusna, kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jl Gajahraya Semarang. Tim dipimpin Kabid Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Drs HA Saifulloh MAg, Ketua BHR Jateng KH Slamet Hambali, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Dr H Solihan MAg, Wakil Ketua Dewan Pengelola MAJT Agus Fathuddin Yusuf dan Pakar Ilmu Falak Dr KH Ahmad Izzuddin MAg.

‘’Karena ketinggian hilal masih sangat kecil yakni 00,1 derajat, sehingga mustahil bisa terlihat. Tidak hanya di Menara AlHusna Semarang. Tetapi dipastikan di seluruh Indonesia bulan tidak akan terlihat,’’ tegas Kiai Hambali. Hasil pengamatan di Menara AlHusna tersebut, semalam langsung dilaporkan ke Kantor Kemenag pusat sebagai pertimbangan memutuskan awal Dzulhijjah 1436H.

‘’Semua sepakat di Menara ini bulan tidak bisa dilihat ya,’’ kata Dr Ahmad Izzuddin MAg dan dijawab hadirin serantak ‘’Sepakat tidak melihat bulan’’.

Menurut Izzuddin, kesepakatan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) imkanurrukyat atau patokan hilal bisa dilihat apabila ketinggiannya mencapai 2 derajat. ‘’Lha ini secara ilmu hisab saja masih 00,1 derajat pasti tidak bisa dilihat atau dirukyat. Namun karena perintah agama kita harus melakukan rukyat walaupun menurut hisab jelas tidak bisa kelihatan tetapi rukyat tetap kita jalankan,’’ katanya.

Di Menara Al-Husna pada tahun 2009 pernah berhasil melihat bulan untuk menentukan Idul Fitri. ‘’Karena bulan tidak terlihat maka bulan Dzulqo’dah istikmal atau digenapkan 30 hari. 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa 15 September 2015. Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Kamis 24 September 2015,’’ tegasnya.

BACA JUGA  Pemerintah akan Kaji Relokasi Warga Rawan Bencana ke Daerah Aman

Dia menambahkan, Puasa Sunat Tarwiyah dilaksanakan Selasa 22 September dan Puasa Sunat Arofah dilaksanakan Rabu 23 September.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng dalam sambutan disampaikan Kabid Urais Drs HA Saifulloh MAg mengajak umat Islam, meski terjadi perbedaan Idul Adha antara pemerintah dan sebagian umat Islam, agar ukhuwah atau persaudaraan dan kebersamaan tetap dijaga dengan baik. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...