Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemilih Pemula Diminta Turut Awasi Pilkada

MAGELANG, Jowonews.com – Panitia Pengawas Pemilu Kota Magelang, Jawa Tengah, mengharapkan kalangan pemilih pemula pada pemilihan kepala daerah setempat, tidak sekadar menggunakan hak pilihnya, namun juga turut menjadi pengawas saat pemungutan suara, 9 Desember 2015.

“Sudah ada beberapa dari mereka yang mendaftar ikut menjadi pengawas partisipatif,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwas Kota Magelang Agung Pramudiyanto di Magelang, Sabtu.

Ia menjelaskan keikutsertaan kalangan pemilih pemula dalam pengawasan pilkada bukan saja membuat tugas pengawasan atas pesta demokrasi di kota setempat mendatang menjadi semakin intensif.

Akan tetapi, katanya, juga menjadi bagian dari pembelajaran berdemokrasi yang mereka lakukan, karena para pemilih pemula tersebut, umumnya kalangan siswa SMA dan sederajat yang sudah berumur 17 tahun dan berhak ikut dalam pemilihan.

Jumlah pemilih pemula pada pilkada di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut, tercatat 1.140 orang. Mereka umumnya para pelajar dengan kartu tanda penduduk kota setempat.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, total jumlah warga setempat yang tercatat dalam daftar pemilih tetap pilkada 89.112 orang, terdiri atas 42.490 laki-laki dan 46.622 perempuan.

Ia menjelaskan tentang pengawas partisipatif pilkada yang boleh dari kalangan pemilih pemula.

“Nanti mereka akan mendapatkan kartu identitas dari Bawaslu, tugasnya seperti pemantau, memantau secara langsung pemilihan di lapangan,” katanya.

Ia menyebut mereka bertugas secara sukarela dengan tidak mendapatkan honorarium.

Komisioner penyelenggara pemilihan di daerah setempat menyiapkan 209 tempat pemungutan suara, sedangkan pihak keamanan bakal menerjunkan sekitar 1.010 personel berasal dari kepolisian, TNI, dan instansi terkait lainnya guna pengamanan pilkada.

Sebanyak tiga pasangan calon yang menjadi peserta pilkada setempat, yakni Sigit Widyonindito-Windarti Agustina dengan nomor urut 1, Muh Haryanto-Agus Susetyo nomor urut 2, dan Joko Prasetyo-Priyo Waspodo nomor urut 3. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Massa Kampanye Pilkada 3 Bulan, Iklan Media Dibiayai APBD

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...