Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Cilacap Targetkan Tanam 20 Juta Pohon

CILACAP, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menargetkan 20 juta bibit pohon ditanam di sejumlah lahan kritis pada tahun 2017, kata Pelaksana Tugas Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto.

“Hingga saat ini, di Cilacap masih ada sekitar 39 ribu hektare lahan kritis. Dengan adanya kegiatan penanaman pohon diharapkan di Cilacap tidak ada lagi lahan kritis pada tahun 2019,” katanya di Cilacap, Rabu.

Secara keseluruhan, dia memperkirakan Kabupaten Cilacap membutuhkan sekitar 87 juta bibit pohon untuk ditanam hingga tahun 2019.

Menurut dia, Pemkab Cilacap komitmen untuk terus melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya menghentikan pembukaan lahan di daerah hulu untuk kepentingan pertanian, perumahan, dan pertambangan.

“Saya harapkan itu (pembukaan lahan di daerah hulu, red.) dihentikan dulu. Jangan sampai hutan terus ditebangi sehingga mengakibatkan bencana,” katanya.

Ia mengatakan penanaman pohon untuk saat sekarang diprioritaskan pada lahan-lahan kritis di Kecamatan Jeruklegi, Patimuan, Wanareja, dan Dayeuhluhur.

Menurut dia, di wilayah tersebut saat sekarang banyak lahan yang gundul.

“Aksi menanam pohon bisa menjadi investasi bagi kelestarian alam Indonesia khususnya Cilacap,” katanya.

Lebih lanjut, Edi mengatakan atas komitmen dalam aksi penanaman pohon, Kabupaten Cilacap pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 yang dipusatkan di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (28/11), mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo.

Dalam hal ini, kata dia, Cilacap menjadi Juara I Tingkat Nasional sebagai kabupaten yang melaksanakan aksi penanaman 11 juta bibit pohon dengan jumlah yang hidup lebih dari 10 juta pohon. (jn03/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...