Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Gunung Kidul Kaji Baron Technopark

GUNUNG KIDUL, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan kajian Baron Technopark yang diharapkan menjadi rujukan teknologi energi terbarukan nasional.

Penjabat Bupati Gunung Kidul Budi Antono di Gunung Kidul, Selasa, mengungkapkan, saat ini Baron Technopark masih dikelola oleh Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT).

“Kami sempat melakukan peninjauan kondisi terakhir Baron Technopark tersebut. Selama ini, kami belum melakukan pengelolaan,” kata Budi.

Ia mengatakan rencana induk Baron Technopark sudah dibahas di tingkat pemda DIY. Ada tiga kawasan yang masuk dalam rencana induk. Hal ini juga sudah dikaitkan dengan rencana detail teknis (DED) ke depan mengenai pengembangan kawasan yang selesai dibangun 2012.

“Rencana induk sudah dibahas di tingkat provinsi,” katanya. Budi mengaku sudah mengunjungi lokasi yang berada tidak jauh dari Pantai Baron tersebut. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemda DIY termasuk dengan kekuatan listrik yang cukup besar di Baron Technopark.

“Koordinasi ini berkaitan dengan kemungkinan pengelolaan apakah bisa dilakukan kabupaten atau tidak,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Kidul Edy Praptono mengatakan, untuk mencegah kepadatan di sekitar kawasan Baron Technopark serta kawasan pantai lain, maka dilakukan pemindahan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).   (Jn16/ant)

BACA JUGA  5 kilometer Jalur Pantura Timur Kudus-Rembang Rusak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...