Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Karanganyar Wajibkan PNS Mengaji Sebelum Bekerja

Juliyatmono-Rohadi Widodo

rohadiKaranganyar, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan membuat regulasi untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab. Regulasi tersebut adalah wajib membaca Alquran satu juz bagi PNS di lingkungan Pemkab Karanganyar sebelum memulai aktifitas kerja, selama Ramadan.

Hal itu dilakukan sesuai program Pemkab, yakni Karanganyar Bertaqwa itu kembali digelar pada bulan suci yang akan datang dua minggu lagi. ‘’Yang sudah bisa membaca Alquran dengan baik, membaca satu juz itu tidak sampai satu jam. Saya kira cukup pas sehingga menjadi pemanasan sebelum memulai aktifitas bekerja. Yang belum bisa membaca, bisa belajar atau membaca terjemahannya,’’ tandas Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, baru-baru ini.

Menurut Rohadi, program tersebut akan menjadi program rutin setiap kali Ramadhan tiba. Harapannya, mereka bisa lebih mendalami Alquran dan menggeluti kitab suci yang menjadi pegangan setiap muslim itu.

Pada tahun kedua kepemimpinan Juliyatmono-Rohadi sebagai pemimpin Karanganyar ini, seluruh PNS wajib membaca Alquran paling tidak satu juz sebelum memulai aktifitas kerja. Dan terjemahannya bisa dibaca sambil istirahat atau di sela-sela kerja ketika waktunya luang.

‘’Dengan begitu, mereka akan mengetahui apa sebetulnya isi Alquran itu. Mereka juga akan terbiasa membaca Alquran, yang memang suasananya sangat berbeda ketika Ramadhan tiba. Dengan suasana yang reljius itu, diharapkan mereka juga makin baik,” jelas pria yang juga politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dikatakan pria yang juga mantan atlet Tae Kwon Do ini, selain mengaji Alquran sehingga bisa khatam dalam bulan Ramadhan itu, Pemkab juga akan tetap menggelar Tarawih Keliling ke 17 kecamatan di Karanganyar. Kegiatan ini tetap digelar karena sekaligus menjadi ajang tilik kampung, silaturahim dengan warga di pelosok.

BACA JUGA  Boyolali Buka Loker 481 CPNS

Rohadi juga akan melaksanakan program Shubuh keliling yang diaktifkan selama 30 hari penuh di saat ramadhan. Jika di luar Ramadhan hanya dilakukan sesekali, namun saat Ramadhan akan digelar rutin. “Membiasakan beraktifitas usai makan sahur, kemudian ke masjid melaksanakan shalat shubuh berjamaah, pulang istirahat sebentar, kemudian masuk kantor beraktifitas. Itu justru akan membuat badan kita sehat,’’ tegasnya. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...