Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkab Klaten Usul Pengelola Tol Jogja-Solo Bangun Jalur Gowes

Jalur Gowes Tol Jogja - Solo

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengusulkan pembangunan jalur bagi sepeda atau gowes di Tol Jogja-Solo. Usulan itu telah dilayangkan melalui surat ke pelaksana pembangunan jalan tol.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardayana usulan pembangunan jalur sepeda tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan. Terutama untuk memfasilitasi bagi kegiatan olahraga, khususnya gowes.

“Jadi masyarakat dapat berolahraga meskipun ada jalan tol. Kedua, jalur gowes juga diharapkan dapat menumbuhkan UMKM sekitar,” kata Yoga, dikutip dari Detik Jateng, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya, jika jalur pesepeda terwujud diharapkan juga berdampak terhadap sektor wisata. Ia berharap usulan tersebut dapat disetujui.

Sementara itu, Manajer Lahan dan Utilitas PT Jogja Solo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin menyatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat terkait usulan pembangunan jalur gowes di Tol Jogja-Solo. Namun, lanjutnya, komunikasi terkait usulan itu telah dilakukan.



“Usulan nanti kita tindaklanjuti. Bagi kami tak keberatan meskipun menambah beban investasi, tapi nilainya dibandingkan investasi tol itu (jalur gowes) sangat kecil,” papar Amin.

Ia berharap jalur sepeda itu dapat menjadi event wisata. Amin juga menjelaskan jalur sepeda nantinya hanya satu sisi, yakni di sisi kanan tol. Satu sisi itu nanti dapat digunakan untuk jalur pesepeda dua arah.

“Satu sisi dua arah, minimal sampai wilayah Klaten. Kita tak mungkin berdiri sendiri, minimal ya dari pintu masuk Kartasura sampai batas Prambanan sekitar 35 kilometer,” jelas Amin.

BACA JUGA  Warga Klaten Nikahkan Dua Jin

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...