Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkab Temanggung akan Fungsikan Jembatan Progo

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung bakal memfungsikan kembali jembatan lama di atas Sungai Progo yang merupakan saksi perjuangan rakyat Temanggung dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Jembatan bersejarah saksi perjuangan rakyat Temanggung ini akan dibangun, semoga dalam dua atau tiga bulan ke depan pembangunanya bisa dimulai. Kini sedang proses lelang,” kata Bupati Temanggung Bambang Sukarno, di Temanggung, Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut usai peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Juang 1945, di Kebonsari Temanggung.

Bambang menuturkan banyak pejuang terbunuh tentara Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan di jembatan tersebut.

Menurut dia pemanfaatan jembatan sebagai jalur utama keluar dan masuk kota Temanggung itu sebagai penghargaan atas pengorbanan para perjuangan.

Ia mengatakan jembatan yang dibangun nantinya didesain artistik dan di sisi jembatan terdapat relief berisi perjuangan rakyat Temanggung dalam mempertahankan kemerdekaan. Melalui relief ini generasi penerus mendapatkan nilai-nilai perjuangan.

Ia mengatakan semula banyak pertentangan dari masyarakat termasuk veteran untuk tidak memfungsikan kembali jembatan sebagai jalur lalu lintas. Mereka menginginkan jembatan sebagai monumen perjuangan.

Namun, di sisi lain masyarakat membutuhkan jembatan karena jembatan yang ada saat ini tidak lagi memenuhi sebagai jalur lalu lintas yang semakin padat.

“Jembatan lama difungsikan dan berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan, hal ini sesuai dengan amanat para pahlawan. Pemanfaatan lebih baik dari pada tidak berfungsi,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Pendapatan Retribusi Pariwisata Kulon Progo Lebihi Target

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...