Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkot Gelar Semarang Expo Hortikultura 2015

SEMARANG, Jowonews.com – Semarang Expo Hortikultura Kota Semarang akan digelar mulai Kamis(17/12) dengan bertempat di Stadion Tri Lomba Juang. Selama delapan hari berturut-turut hingga Kamis(24/12) para pecinta tanaman di Kota Semarang akan dimanjakan dengan berbagai tanaman hias, pangan maupun buah untuk dinikmati. Dalam expo tersebut berbagai stand tanaman berkualitas dari seluruh Indonesia akan dipamerkan dalam stand yang tersebar di seluruh area stadion.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang bekerjasama dengan PPBI. Kurang lebih 250 kelompok tani, asosiasi petani, gapoktan dan KTNA akan berpartisipasi dalam expo ini. Berbagai petani dan gapoktan akan memamerkan produk unggulan mereka yang terdiri dari tanaman pangan, buah, obat, jamur, dan tanaman hias.  

Diharapkan dengan adanya expo ini para petani dari berbagai wilayah dapat mempromosikan produk unggulan mereka. Selain itu, harapannya expo ini dapat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara pecinta tanaman. Dengan demikian, pertumbuhan sektor pertanian khususnya Kota Semarnag akan semakin baik.    

Selain bazaar tanaman, yang tak kalah menarik adalah adanya pameran dan lomba bonsai tingkat nasional pada expo kali ini. Sebanyak 384 pecinta bonsai dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia akan menunjukkan keindahan tanaman mereka. Para peserta merupakan pecinta tanaman hias khususnya bonsai yang tergabung dalam Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI).  Selain dipertontonkan, bonsai-bonsai tersebut juga akan dinilai oleh dewan juri profesioanl perwakilan dari PPBI pusat.    

Bonsai- bonsai tersebut akan dinilai dengan pengelompokan kelas bintang, utama, madya, regional serta prospek pertumbuhan. Penjurian juga akan dinilai dari sisi ukuran, keindahan dan kesempurnaan bonsai. Selain itu, kota/ kabupaten dengan partisipasi terbanyak akan diberikan hadiah berupa 1 ekor kambing. Bagi para pemenang di masing-masing kelas juga akan diberikan sertifikat dan rapot khusus.

BACA JUGA  Baliho di Taman Pandanaran Akhirnya Dibongkar

Pameran ini terbuka dan gratis bagi masyarakat umum. Harapannya, expo ini dapat menjadi agenda tahunan Pemkot Semarang yang akan semakin mengangkat kesejahteran dan potensi pertanian para petani Kota Semarang. (JN01/JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...