Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkot mendapat hibah Lampu LED

tavipSemarang, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang memperoleh bantuan berupa lampu LED dari Direktorat Konservasi Energi Kementrian ESDM karena menjadi proyeks percontohan efisiensi energi Penerangan Jalan Umum. Pemberian bantuan tersebut diterima oleh Asisten Administasi Informasi dan Kerjasama, Tommy Y Said di ruang data, Semarang, Kamis (10/9) dalam bentuk penandatanganan berita acara (BA) penyerahan barang.

Adapun bantuan yang diterima kali ini berjumlah 108 unit lampu, dari total sebanyak 259 unit lampu LED yang nantinya terbagi menjadi 3 tahap. Untuk tahap kedua dan ketiga akan diserahkan Oktober dan dilanjutkan November mendatang dengan dukungan penuh dana dari Asian Development Bank (ADB).

Asisten Administrasi Informasi dan Kerjasama, Tomy Y Said, menyampaikan terima kasih atas hibah yang telah diberikan. “Pemberian ini tentunya akan menambah penerangan jalan di Kota Semarang. Harapan kami bisa mengevaluasi jauh lagi daerah-daerah mana yang perlu membutuhkan lampu untuk penerangan jalan” tuturnya.

Bagus Mudianton, perwakilan dari pihak ADB mengungkapkan jika dipilihnya Kota Semarang sebagai salah satu kota percontohan karena sudah dianggap  menjadi kota berkembang secara  inovasi menjadi metropolitan. “Selain itu Kota Semarang sendiri memiliki inspektasi sebagai bright city (kota terang),” jelasnya.

Bagus juga menambahkan bahwa langkah ini merupakan permulaan, kedepannya pihaknya juga akan memberikan pelatihan bersama cara menginstal/ memasang lampu LED dengan benar kemudian monitoring dan evaluasi. “Langkah ini adalah awal karena kita akan mengambil pembelajaran dari ini untuk diaplikasikan di Kota Semarang dan kota-kota lainnya,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Tommy berharap setelah lampu-lampu tersebut diterima masyarakat juga ikut memelihara dan merawatnya. “Jangan sampai seperti kejadian lampau, bolam-bolam lampu banyak yang diambil dan tiang lampu dirusak,” harapnya.

Rencananya, lampu tersebut akan dipasang di Jl. Pandanaran dan Jl. Sugiyopranoto. Untuk tahap selanjutnya, akan dipasang di Jl. Kompol Maksum, Jl. Sudirman dan A. Yani. (JN14)

BACA JUGA  Presiden Resmi Lantik Anies-Sandi

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...