Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkot Pekalongan Tera Ulang 14 SPBU

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan tera ulang (kalibrasi) terhadap alat ukur pada 14 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah itu sebagai upaya melindungi konsumen dari kecurangan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pekalongan Zaenul Hakim di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa tera ukur itu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan pemkot untuk menjaga ukuran yang pas baik berupa tera ulang pada timbangan yang digunakan di pasar maupun ukuran di 14 SPBU.

“Sebenarnya setiap setahun sekali kita lakukan tera ulang. Akan tetapi diluar yang kita agendakan setahun sekali tersebut, tim teknis kita juga melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengurangi kecurangan,” katanya.

Ia mengatakan kantor meterologi harus bisa mengoptimalkan alat untuk tera ulang agar masyarakat tidak dirugikan.

“Jika alat ukur yang digunakan pas dan sesuai standar maka konsumen tidak merasa dirugikan. Apalagi kebetulan dalam proses tera ukur yang dilakukan tidak ditemukan masalah,” katanya.

Manajer SPBU Merdeka Pekalongan Tri Paryono mengatakan sebenarnya SPBU juga secara rutin dan berkala melakukan peninjauan atas alat ukur yang dimiliki.

“Oleh karena, kami mengucapkan terima kasih pada pemkot melakukan tera ulang karena setelah didirikannya Kantor Meterologi di Kota Pekalongan sangat memudahkan SPBU dalam melakukan tera pada alat ukurnya,” katanya.

Ia menambahkan sebelumnya SPBU melakukan tera ulang ke Tegal. Akan tetapi mulai Januari 2018 bisa dilakukan di Kantor Meterologi di kota Pekalongan. (JWN3/ANt)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...