Jowonews

Pemkot Semarang Gelar Pameran Industrial Kreatif

batik-pekalonganSemarang, Jowonews.com – Dengan mengusung tema “Bersama Membangun Pasar Industri Kreatif”, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Pameran Industri Kreatif Kota Semarang di Atrium Mall Ciputra Citraland Semarang.

Berbagai potensi dan peluang industri kreatif Kota Semarang dipamerkan Selama 4(empat) hari. Mulai hari ini, Kamis 10 September hingga 13 September mendatang. Pameran tersebut diharapkan dapat menumbuhkembangkan industry kreatif melalui promosi dan pemasaran bersama.

Pameran ini akan diisi sebanyak 54 stand dari para pelaku bidang industri kreatif mengikuti pameran ini. Karya industri kreatif Kota Semarang telah diakui baik di tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya, karya dari industry fashion, periklanan, arsitektur, barang seni, kerajinan, design grafis, video, film, fotografi, permainan interaktif, hingga kuliner khas Semarangan.




Guna menyemarakkan pameran tersebut, Disperindag Kota Semarang telah menyiapkan berbagai kegiatan pendukung seperti lomba dubsmash, workshop craff creation, parade tari kreatif, parade prosa, parade pengantin nusantara, workshop photography, workshop komik, serta gelar karya designer Semarang. Berbagai kreasi busana karya perancang kenamaan Kota Semarang seperti Ina Priyono, Agustienna Siswanto, Kristin Wibowo, Bayu Indonesia, Totok Sahak, dan Pesona Arum Cepoko.  

Kepala Disperindag Kota Semarang, Nurjanah, berharap para pelaku industri kreatif bisa saling berkolaborasi guna meningkatkan inovasi serta kreativitas. “Dengan adanya industry kreatif ini harapannya juga mampu meningkatkan kesejahteraan serta memberikan lapangan pekerjaan guna menghadapi MEA,” ungkap Nurjanah, Kamis (10/9).

Banyaknya potensi dan peluang besar Kota Semarang, Pj Walikota menyebutkan jika melalui event ini diharapkan dapat menggeliatkan aktifitas perekonomian di Kota Semarang dalam menghadapi perekonomian yang sedang melemah ini. “Disini para produsen dan konsumen akan bertemu disitulah kesempatan yang baik untuk memasarkan produk-produk mereka karena konsumen akan banyak yang berkunjung kedalam event pameran ini,” ujarnya.

Menurutnya selama ini pemasaran mereka hanya melalui online saja. “Melalui event ini akan semakin banyak orang yang kenal dengan produk-produk mereka sehingga kedepan akan memudahkan pemasaran. Harapannya agar industri kreatif di Kota Semarang dapat bergerak dan meningkat,” imbuhnya.

Saat ini, lebih lanjut Pj Walikota mengungkapan sudah banyak pelaku industri kreatif yang mengexport produknya. “Untuk menghadapi MEA kita harus meningkatkan kualitas produk kita agar dapat bersaing dan kompetitif dengan produk dari luar yang beragam,” pungkasnya. (JN14)

Tinggalkan komentar