Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemprov Jateng Diminta Siapkan Pjs Kepala Daerah

 

Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) diminta segera menyiapkan Pj Sementara untuk 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun ini. Pasalnya, sebagian besar dari 21 kabupaten/kota itu, akhir masa jabatan (AMJ)-nya dipastikan pertengahan tahun ini.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono dalam rapat koordinasi persiapan pilkada serentak21 kabupaten/kota di Komisi A DPRD Jateng, Selasa (5/5). “ Pj Sementara harus segera ditentukan, agar ketika AMJ habis langsung ada pengisinya,”ungkapnya.

Rapar koordinasi itu selain dihadiri oleh anggota komisi A, KPU dan Bawaslu Jateng, juga dihadiri langsung oleh Sekda Jateng Sri Puryono. Sehingga semuanya bisa dijelaskan secara gambling.

 Lebih lanjut Ferry menyampaikan, persoalan Pj sementra ini sangat sensitif. Oleh Karena itu, diharapkan orang yang ditunjuk menjadi Pj Sementara, harus orang yang paham karakter daerah yang akan menggelar pilkada.

 “Jangan sampai Pj Sementara nanti terintervensi salah satu calon. Dia harus netral,” tambahnya.

Sekda Jateng, Sri Puryono mengatakan, saat ini pemprov sudah menyaipkan 26 PNS untuk diusulkan menjadi Pj Sementara di 21 daerah. Nantinya, untuk setiap daerah akan  ada 3 orang PNS yang akan diusulkan menjadi Pj Sementara.

“Karena pemprov hanya menyiapkan 26 PNS, kekurangannya untuk menggenapi 3 nama untuk masing-masing daerah, akan diisi PNS dari daerah,”ungkap Sekda Sri Puryono.

Terkait Pj Sementara, pemprov sifatnya hanya mengusulkan saja. Kewenangan menentukan ada ditangan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dijelaskannya, PNS yang bakal jadi Pj Sementara merupakan IV B. Selain itu, PNS juga harus memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidang pemerintahan dan selama tiga tahun berturut-turut mendapat penilaian baik. (JN01)

BACA JUGA  Blangko Habis, Sebagian Warga Jateng Belum Bisa Nikmati E-KTP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...