Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemprov Targetkan Tahun 2018 Jalan Provinsi Dalam Kondisi Baik

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan sepanjang 2404,741 Kilometer jalan provinsi dalam kondisi baik pada 2018. Target ini tidak terlepas dari penetapan tahun infrastruktur di Jateng dua tahun belakangan ini.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Muhamad Ngainirichadl menyatakan saat ini belum semua jalan provinsi yang sudah dalam kondisi baik. “Baru 88,8 persen dalam kondisi baik, sisanya 8,2 persen kondisi tidak rusak tapi juga belum baik, dan 3 persen masih kondisi rusak,” tuturnya saat dialog interaktif dengan wartawan, Senin (21/11/2016).

Selain kondisinya, lelaki yang akrab disapa Richad ini mengatakan proyek perbaikan kebanyakan dalam bentuk betonisasi. “Agar lebih awet, jangka panjang. Kalo aspal 2 tahun saja bisa rusak,” kata politikus PPP itu.

Richad juga menyampaikan dari aspek regulasi Pemprov juga mengawal hal ini. “Pada paripurna 3 Oktober lalu sudah disahkan Perda standarisasi jalan, saat ini tinggal menunggu register di Kemendagri. Ini satu-satunya di Indonesia yang memiliki perda ini,” katanya.

Dalam regulasi ini, lanjut Richad, hal penting adalah pengaturan lebar jalan provinsi minimal 7 meter. Pada 2017 rencananya lebar jalannya sudah sesuai standar di perda. “Saat ini 310 kilometer jalan provinsi lebarnya masih 4 meter. Yang lebarnya 5 meter sepanjang 429 kilometer, dan yang lebarnya masih 6 meter sepanjang 925 kilometer. Ini tersebar di 9 balai, harus dilebarkan,” pungkasnya.

Tahun 2016 ini, jalan provinsi dan jalan kabupaten kota terjadi banyak pertukaran. Semula, jalan provinsi Jateng sejumlah 2565 kilometer, dengan alih status sesuai Pergub nomor 260 tahun 2016 menjadi 2404,741 kilometer. (jn17/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...