Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemugaran Pasar Muntilan Magelang Dilakukan Bertahap

muntilanMagelang, Jowonews.com – Pihak Pemerintah Kabupaten Magelang menyosialisasikan rencana pemugaran Pasar Muntilan secara bertahap selama tiga tahun. Pemugaran Pasar Muntilan sudah menjadi kebutuhan untuk mengembangkan pasar tradisional menjadi lebih bersih dan representatif bernuansa modern.

Dana yang dibutuhkan untuk pemugaran pasar tersebut mencapai Rp95 miliar, sedangkan pasar akan dikembangkan menjadi tiga lantai, yakni untuk areal parkir kendaraan (lantai I), tempat berjualan barang-barang basah (lantai II), dan dagangan kering (lantai III).

Di hadapan peserta sosialisasi di Gedung Etalase Potensi Desa, Desa Pucungrejo Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, ia menjelaskan pemugaran Pasar Muntilan wujud komitmen pemkab setempat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini kami rasakan penting karena keberadaan Pasar Muntilan begitu besar kontribusinya dalam menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ,” kata Asisten Umum Sekretaris Daerah Pemkab Magelang Endra Endah Wacana di Magelang, Rabu (22/4/2015).

Endra mengatakan bahwa perkembangan keramaian aktivitas masyarakat di Pasar Muntilan selama dua dekade terakhir cukup pesat, sedangkan ciri khas sebagai pasar tradisional yang menonjolkan transaksi antara penjual dan pembeli, masih kental.

Keberadaan pasar tersebut, katanya, juga penting untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja, menjaga stabilitas harga berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat, memberdayakan kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah, serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Kami yakin meskipun saat ini perkembangan pasar modern juga tidak kalah cepatnya, keberadaan Pasar Muntilan akan tetap kita butuhkan dan menjadi gantungan hidup masyarakat Kabupaten Magelang, khususnya warga di Kecamatan Muntilan dan sekitarnya,” katanya.

Pemugaran pasar tersebut menggunakan APBD Kabupaten Magelang dengan jumlah total sekitar Rp95 miliar. Pemugarannya, direncanakan selama tiga tahun anggaran, mulai 2016 hingga 2018. Pemkab akan menyiapkan tempat relokasi sementara pedagang di samping Gedung Etalasi Potensi Desa, Desa Puncungrejo, Kecamatan Muntilan. (JN03)

BACA JUGA  Paguyuban Kades Desak Pembangunan Pasar Muntilan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...