Jowonews

Logo Jowonews Brown

Penataan Pasar Dargo Disiapkan Rp200 Juta

pasar dargoSEMARANG, Jowonews.com – Pedagang dan pengrajin batu akik di Pasar Dargo akan ditata oleh Pemkot Semarang. Anggaran sebesar Rp200 juta mulai disiapkan untuk penataan pengrajin di lantai dua pasar tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Trijoto Sardjoko. “Rencana seperti itu. Nantinya saya usulkan di APBD Perubahan tahun ini sebesar Rp200 juta. Kalau perbaikan kita ajukan pada tahun 2016,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, penataan tersebut dilakukan dengan tujuan supaya Pasar Dargo semakin representatif. Sekarang ini Pasar Dargo tidak hanya dipenuhi kalangan penjual dan penggemar batu akik saja. Bangunan tersebut juga ditempati para pengrajin batu akik.

“Sekarang di lantai dua itu kan ditempati pengrajin. Jadi nanti kita buatkan ruangan yang disekat-sekat serta dibuat kedap suara atau paling tidak dapat mengurangi kebisingan. Sebab di lantai dua juga ada pedagang sayur supaya tidak kebisingan dan terkena debu-debu pengrajin batu,” terangnya.

Para pengarajin batu mulia di lantai dua Pasar Dargo, tambahnya, nantinya akan diberikan tempat tersendiri. Tempat tersebut masih berada satu bangunan dalam Pasar Dargo.“Pengarajin nanti tetap berada di lantai dua. Cuma kita geser sedikit supaya tidak dekat dengan pedagang sayur. Kasihan barang jualannya sering terkena debu dan kebisingan alat dari pengarajin batu,” imbuhnya.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, mengakui akan melakukan penataan pasar Dargo sebagai pusat batu di Semarang. Menurutnya, sekarang ini aktivitas di dalam pasar Dargo mengalami peningkatan.

“Sekarang sangat ramai. Pemerintah juga akan berupaya melakukan perawatan dan perbaikan. Nantinya juga akan ada anggaran untuk perawatan dan perbaikan di APBD Perubahan. Kalau bentuknya, nantinya bisa diatur lewat DED lebih dulu,” tambahnya. (JN01)

BACA JUGA  Kalah SDM, Perlu Kerja Keras

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...