Jowonews

Logo Jowonews Brown

PENDIDIKAN KARAKTER MENCETAK MANUSIA YANG MERDEKA

Oleh: Rosita Yuva Aghnya

Dalam dunia Pendidikan sekarang, Manusia merdeka sangatlah digembor – gemborkan. Mengapa begitu? Menurut pandangan Ki Hajar Dewantara Manusia merdeka adalah orang yang mampu berkembang secara utuh selaras dengan aspek kemanusiaan, mampu menghargai dan menghormati. Asas kemerdekaan dalam Pendidikan merupakan sesuatu yang mengambarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, bahwa keluarga, perguruan, dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang utuh dalam Pendidikan.  Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang mendasar dalam mewujudkan manusia merdeka.

Dalam mewujudkan anak yang berkarakter tidaklah lepas dari peran keluarga. Keluarga merupakan Pendidikan utama seorang anak. Lingkungan keluarag sangatlah membentuk baik buruknya manusia dalam berkembang. Lingkungan keluarga menyiapkan dan memberikan Pendidikan untuk anak agar menjadi generasi penerus yang terdidik. Pendidikan karakter merupakan investasi jangka Panjang masyarakat untuk melaksanakan bonus demografi. Selain Keluarga, Perguruan juga komponen dari pembentukan karakter dimana hubungannya sangat erat dengan Pendidikan moral yang tujuannya adalah membentuk dan melatih individu secara terus- menerus untuk penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik serta membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Nilai – nilai karakter yang dikembangkan dalam dunia Pendidikan sekarang adalah didasarkan pada filosofi Pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara. Yakni oleh hati, oleh pikir oleh karsa dan olah raga. Lantas dari filosofi tersebut muncul nilai – nilai karakter siswa dimulai dari religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Pendidikan karakter membuat anak lebih produktif dan memiliki kepribadian yang baik sehingga mampu menjadi manusia indonesia yang bekerja keras, kreatif, inovatif, jujur, Tangguh, mandiri dan bertanggung jawab untuk menghadapi tantangan – tantangan abad 21. Penerapan pendidikan karakter membuat manusia akan merdeka dimana hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin dan tidak tergantung dengan orang lain.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...