Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pengelola Objek Wisata Diminta Rangkul Pelaku Usaha Mikro

SEMARANG, Jowonews.com – Pengelola objek wisata di Jawa Tengah diminta untuk merangkul para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang ada di sekitarnya sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Banyak pelaku UMKM dan industri kecil di sekitar objek wisata yang bisa dilibatkan dalam pembuatan dan pemasaran cenderamata,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa.

Ganjar mengungkapkan pertumbuhan industri pariwisata di Jawa Tengah cukup pesat sehingga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk UMKM.

Menurut Ganjar, berbagai bentuk cenderamata yang diproduksi para pelaku UMKM tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke suatu objek wisata.

Kendati demikian, Ganjar mengingatkan agar cenderamata yang diperjualbelikan itu mempunyai kualitas baik dan harganya bersahabat dengan daya beli wisatawan.

“Dengan kualitas baik dan harga yang tidak ‘ngepruk’ (mahal), para wisatawan tidak merasa dirugikan serta ingin terus kembali ke tempat wisata tersebut,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu juga meminta pemerintah kabupaten/kota se-Jateng untuk melibatkan para pelaku UMKM saat menggelar suatu kegiatan rutin di daerah masing-masing.

“Pelibatan para pelaku UMKM pada setiap kegiatan di daerah tersebut bisa menambah mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, puluhan klaster pariwisata yang tersebar di Jawa Tengah siap mendorong pemasaran produk UMKM yang tumbuh seiring dengan bertambahnya daya tarik wisata di provinsi setempat.

Setidaknya ada 28 klaster pariwisata yang siap mendorong pemasaran berbagai produk UMKM. (jn03/ant)

BACA JUGA  Ganjar: Jakob Oetama Saksi Hidup Perubahan Besar Indonesia

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...