Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Penguatan Demokrasi Daerah: Gotong Royong Membangun Peradaban

Penguatan Demokrasi Daerah: Gotong Royong Membangun Peradaban
Gema DPRD Jawa Tengah

BANYUMAS – Adanya kesadaran semua lapisan masyarakat untuk menerapkan gotong royong maka bisa menciptakan hubungan persaudaraan yang semakin erat.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Mustolih dalam kegiatan Sosialisasi Penguatan Demokrasi Daerah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Tanjung, Kabupaten Banyumas, belum lama ini. Acara tersebut mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

“Gotong royong juga bermanfaat untuk bisa memicu rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan,” jelas anggota Komisi C dari Fraksi PAN tersebut.

Menurutnya, kerja sama antarindividu dan masyarakat diperlukan dalam upaya membangun peradaban dan mencapai pertumbuhan global yang berkelanjutan. Gotong royong sebagai karakter khas bangsa Indonesia, mengandung arti bekerja bersama-sama dengan semangat kebersamaan, saling membantu, san saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.

“Pentingnya nilai-nilai seperti saling menghormati, saling percaya, dan saling menguatkan dalam rangka mencapai tujuan bersama untuk dapat membangun peradaban yang lebih baik dan mencapai pertumbuhan global yang berkelanjutan,” tandasnya.

Dia menambahkan, dasar dari semua komponen dalam Pancasila adalah gotong royong. Secara eksplisit, frasa tersebut tidak tercantum dalam sila kelima Pancasila, namun gotong royong merupakan intisari dasar negara Indonesia tersebut. (Adv)

BACA JUGA  Komisi E Kunjungi RSUD Dr. Moewardi Yang Sedang Kembangkan Stem Cell

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...