Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi

Oleh : Siti Noor Alifah

Sebagai seorang guru, tentunya kita menyadari bahwa sejatinya setiap peserta didik berbeda satu dengan yang lainnya. Begitu banyak kebutuhan peserta didik yang harus dipenuhi. Tanpa disadari guru setiap harinya menghadapi peserta didik dengan berbagai macam keragaman. Tentunya dengan melihat banyak perbedaan antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lainnya, perlu adanya pembelajaran berdiferensiasi untuk memastikan bahwa peserta didik sukses dalam proses belajarnya.  Salah satu hasil penelitian Indah Septa Ayu Laia pada tahun 2022 yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, menjelaskan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Pembelajaran berdiferensiasi memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik dalam meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda. Menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang” peserta didik untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. Kemudian juga memastikan setiap peserta didik di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka disepanjang prosesnya.

Guru dapat menerapkan penilaian berkelanjutan yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan peserta didik mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, peserta didik mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan. Guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar peserta didiknya. Menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda. Guru pun harus pandai memanajemen kelas secara efektif, menciptakan prosedur, rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas. Namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun mungkin melakukan kegiatan yang berbeda, kelas tetap dapat berjalan secara efektif. 

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dimulai dengan memetakan kebutuhan belajar peserta didik, yakni kesiapan belajar minat, dan profil belajar peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka saat ini, pembelajaran berdiferensiasi sangat ditonjolkan dalam proses pembelajaran. Memang, pembelajaran berdiferensiasi tidaklah mudah diterapkan. Banyak sekali tantangan dalam usaha menjalankan pembelajaran berdiferensiasi. Persiapan guru yang memakan waktu lama, terbatasnya waktu belajar di kelas, kemampuan guru, dan masih banyak faktor lainnya. Namun jika guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, peserta didik dapat mengasah self management skillnya, merealisasikan pembelajaran yang didapat dengan kehidupannya, belajar pun dilakukan berdasarkan minat peserta didik, dan tentunya akan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik  Untuk itu pembelajaran berdiferensiasi harus diimplementasikan dalam merdeka belajar.

BACA JUGA  BEST PRACTICE OF STORY TELLING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...