Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Penyerapan Beras Bulog Surakarta Tembus 114.000 Ton

SOLO, Jowonews.com – Penyerapan beras oleh Bulog Sub Divre Surakarta hingga saat ini mencapai 52 persen dari target hingga akhir tahun tercatat 114.000 ton.

“Total realisasi penyerapan sampai saat ini mencapai 59.498 ton,” kata Kepala Bulog Sub Divre III Surakarta Titov Agus Sabelia di Solo, Selasa (5/9).

Ia mengatakan capaian tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 45 persen dari target 106.000 ton.

Dia mengatakan dari enam kabupaten dan satu kota yang dibawahi oleh Bulog Sub Divre Surakarta, penyerapan paling tinggi terjadi di Kabupaten Sragen yang saat ini mencapai 19.397 ton.

“Secara total, rata-rata penyerapan saat ini sekitar 100-200 ton/hari atau turun jika dibandingkan saat puncak panen yang penyerapannya mencapai 400-500 ton,” katanya.

Ia mengatakan penyerapan tersebut dengan melibatkan 77 mitra kerja dan satker pengadaan yang ditugaskan di setiap wilayah.

Terkait dengan target tahun ini, pihaknya optimistis dapat tercapai mengingat saat ini para petani sedang melakukan panen gadu.

“Tetapi memang kalau panen gadu kan tidak seperti saat puncak panen biasa. Sebagian hasil dari panen gadu biasanya digunakan oleh masyarakat untuk persiapan musim tanam pertama tahun mendatang dan memenuhi stok mereka sendiri,” katanya.

Dengan realisasi penyerapan tersebut, katanya, stok beras yang ada di gudang Bulog Sub Divre Surakarta mencapai 42.000 ton atau cukup untuk kebutuhan hingga 6,5 bulan ke depan.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...