Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perangkat Desa Mulai Terindikasi Bermain Politik

Surat Suara Pilkada
Surat Suara Pilkada

BOYOLALI, Jowonews.com –Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada), perangkat desa di Kabupaten Boyolali ternyata mulai bermain politik. Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Boyolali, menyatakan mendukung pasangan Agus Purwanto-Sugiyarto (Toto) sebagai pasangan bakal calon (balon) bupati/wakil bupati Boyolali.

Dukungan politik PPDI itu disampaikan langsung Ketua PPDI Boyolali, Budi Kristianto, di kediaman Agus Purmanto Rabu (22/7). Pasalnya, PPDI melihat figur Agus Purmanto bisa membawa perubahan di Boyolali lebih baik.

Meski menyampaikan dukungan PPDI kepada pasangan Toto, Budi Kristianto mengaku tidak memaksa anggotanya untuk memilih balon yang akan diusung Koalisi Boyolali Bangkit (KBB) tersebut.

“Kita pingin ada perubahan di Boyolali ini ke arah yang lebih baik. Figurnya kita menemukan di Pak Agus. Keinginan teman-teman memang seperti itu. Kita tidak mau terlibat politik secara langsung, kita tidak dibawah partai politik, tetapi ini murni keinginan teman-teman yang tergabung dalam PPDI,” ujar Budi Kristianto.

Pihaknya pun tak menampik adanya kemungkinan anggota PPDI yang punya pilihan lain dalam pilkadamendatang. Budi juga mengaku tidak bisa memaksa anggotanya yang beda pilihan itu. Karena perangkat desa tidak bisa serta merta berpolitik praktis, karena itu melanggar Undang-undang (UU).

Ditegaskan, secara organisasi PPDI mendukung Agus Purmanto dalam Pilkada Boyolali 2015. Namun pihaknya juga tidak bisa memaksakan kepada anggotanya yang punya pilihan lain. “Itu kan pilihan masing-masing. Kami memang berharap semua perangkat desa nantinya mendukung Pak Agus, tetapi kalau ada yang punya pilihan politik lain, ya monggo. Kami tidak memaksanakan kepada anggota,” kata perangkat desa Urut Sewu, Kecamatan Ampel, Boyolali itu sembari menambahkan anggota PPDI di Boyolali sekitar 2.000 orang.

Sementara itu balon bupati KBB, Agus Purmanto, menyatakan terima kasih atas dukungan dari PPDI. Tak hanya menjelang pilkada saja, tetapi sejak dulu dirinya mengaku berjuang bersama PPDI untuk membantun Boyolali. Agus juga mengemukakan, dirinya bersama Sugiyarto diusung KBB di antaranya memenuhi kriteria memulai karier dari bawah dan secara geografis mewakili wilayah Boyolali selatan dan utara. “Ini penting untuk pemerataan pembangunan, sehingga ketertinggalan utara dengan selatan akan terhapus,” kata dia.

BACA JUGA  Calon Kada Kumpul di Semarang

Balon wakil bupati Sugiyarto juga menyambut baik dukungan PPDI. Menurutnya, anggota PPDI sebagai perangkat desa semestinya menjadi tolok ukur kemajuan di desa masing-masing.

Ketua Harian KBB, Syaifudin, menegaskan dengan munculnya pasangan balon Agus Purmanto-Sugiyarto ini sebagai jawaban keraguan apakah KBB bisa memunculkan paslon atau tidak. “Ini jawaban atas cemoohan kepada KBB yang dinilai tidak akan mampu mengusung calon, nyatanya kami bisa,” tegas dia.

Secara terpisah Ketua DPC PDIP Boyolali, S Paryanto, menyatakan tidak masalah dukungan PPDI terhadap Agus-Sugiyarto. “Tidak masalah, itu sah-sah saja. Tetapi itu secara organisasi atau personal?” kata Paryanto. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...