Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perbaikan Jalan dan Trotoar Terkendala Dana, Terpaksa Dilakukan Secara Bertahap

 

SALATIGA, Jowonews.com – Dinas Bina Marga dan PSDA Kota Salatiga tidak bisa melakukan peningkatan eks jalan nasional dan perbaikan trotoarnya secara langsung karena keterbatasan dana. Kegiatan akan dilaksanakan secara bertahap berdasarkan ketersediaan anggaran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan PSDA Kota Salatiga Agung Hendratmoko, kemarin. Menurutnya, beberapa ruas eks jalan nasional yang akan ditingkatkan dan diperbaiki trotoarnya antara lain Jalan Diponegoro, Fatmawati, Veteran, Soekarno Hatta.

Rencananya perbaikan trotoar dan peningkatan eks jalan nasional akan dilaksanakan mulai pada perubahan APBD 2016 nanti. Selain itu, Dinas Bina Marga dan PSDA juga telah mengajukan bantuan dana ke Pemprov Jateng dan pemerintah pusat senilai Rp121 miliar.

“Pada pembahasan anggaran APBD perubahan 2016, kami telah mengajukan anggaran senilai sekitar Rp25 miliar. Jika disetujui, perbaikan trotoar dan peningkatan jalan eks nasional bisa dimulai tahun ini,” ujar Agung, Jumat.

Ditambahkan dia, pembangunan trotoar eks jalan nasional sekaligus untuk menata saluran air dan jaringan kabel optik serta pipa air PDAM yang ditanam di bawah trotoar. Nantinya saluran air akan dibuat permanen dengan menggunakan box culvert sehingga kabel optik dan jaringan pipa air PDAM bisa ditata di dalam box culvert dengan sistim sewa.

“Namun saat pengelolaan kebel optik belum ada payung hukumnya. Kami akan mengusulkan peraturan daerah yang mengatur pengelolaan kabel optik. Ini akan menjadi potensi pendapatan daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, ruas trotoar dibeberapa eks jalan nasional seperti di Jalan Osamaliki, Diponegoro dan Fatmawati kondisinya sudah rusak dan tidak layak untuk dilewati. Sebagian besar kerusakan trotoar tersebut disebabkan oleh proyek galian kabel optik. Setelah pelaksanaan proyek galian kabel optik selesai, perbaikan trotoar dilakukan secara asal-asalan sehingga cepat rusak. (jn01/jn03)

BACA JUGA  Pembangunan Infrastruktur Jalan Capai 60,22 Persen

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...