Jowonews

Logo Jowonews Brown

Peresmian Taman Pakujoyo Wujud RTH Sukoharjo

SUKOHARJO, Jowonews.com –  Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan peresmian Taman Pakujoyo di Kelurahan Gayam Kecamatan Kota merupakan perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah tersebut.

“Taman Pakujoyo dengan fasilitas Taman Ceria Anak dan Taman Lalu Lintas ini, upaya menyediakan RTH di Sukoharjo,” kata Bupati saat peresmian Taman Pakujoyo sebagai taman bermain anak-anak di Sukoharjo, Kamis.

Menurut Bupati hal tersebut sesuai Undang Undang No.26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yaitu setiap wilayah kota harus menyediakan Ruang Terbuka Hijau sebesar 30 persen dari luas wilayahnya.

Oleh karena itu, Pemkab Sukoharjo akan berusaha untuk mewujudkan upaya tersebut dengan membangun Gedung Terpadu Kantor Sekretariat Daerah (Setda) 10 lantai.

“Jika gedung itu, selesai dibangun, perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dijadikan satu dan kantor lama yang ditinggalkan akan dibongkar untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau,” kata Bupati.

Menurut Bupati, keberadaan taman kota tersebut memiliki empat fungsi antara lain ekologi sebagai paru-paru kota, budaya, ekonomi dan sosial.

Adanya Taman Pakujoyo itu disebutnya berefek luar biasa dan bisa mendongkrak ekonomi warga.

Kendati demikian, Bupati berpesan jika membangun tersebut memang mudah, tetapi dalam merawat dan melestarikan tentunya sulit. Untuk itu, taman yang merupakan milik bersama itu diminta untuk dijaga dan dirawat sehingga bisa dinikmati oleh warga Sukoharjo.

Menurut Camat Sukoharjo, Gondang Redjono, Taman Pakujoyo yang digunakan untuk tempat bermain anak-anak tersebut menempati lahan seluas 4.371 meter persegi.

Lahan itu awalnya tanah kas kelurahan yang tidak bisa difungsikan secara optimal sebagai pertanian, sehingga dialihfungsikan dibangun Taman Pakujoyo.

“Kami berharap taman ini menjadi tempat publik yang nyaman dan aman terutama bagi tempat bermain dan belajar untuk anak-anak,” kata Gondang. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...