Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pergantian Tahun Hijriah, Ulama Solo Deklarasi Ukhuwah Islamiyah

SOLO, Jowonews.com –– Momen pergantian Tahun Baru 1440 Hijriah dimanfaatkan sejumlah tokoh alim ulama di Solo bersatu menyerukan persatuan dan menegakkan ukhuwah Islamiyah. Berdasarkan pantauan Okezone, pemandangan langka terlihat saat sejumlah elemen ormas keagamaan yang selama ini berbeda pendapat duduk bersama dalam suatu forum silaturahim.

Ketua Panitia Silaturahmi Akbar Ulama dan Tokoh Islam Surakarta, Burhannudin Hilal, mengatakan kegiatan ini tidak hanya dihadiri para tokoh dan ulama di tingkat pimpinan semata. Silaturahmi tersebut juga dihadiri umat masing-masing kelompok.

Menurut Burhan, mereka sengaja menyatukan sejumlah elemen dalam satu silahturahmi akbar untuk mempererat umat.

“Atas kesadaran itulah, silahturahmi akbar ini digelar. Menyatukan umat tidak hanya dalam tataran pimpinan tokoh atau ulamanya saja, tapi juga di tingkat bawah,” papar Burhan, Senin 10 September 2018 malam.

Ia mengungkapkan tidak mudah menyatukan tujuh elemen ormas keagamaan besar yang ada di Kota Solo. Butuh waktu dua tahun untuk menyatukannya.

Hasilnya, silahturahmi ini dihadiri sekira 25 ribu jamaah yang memenuhi Masjid Agung hingga meluber ke Alun-alun Utara.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...