Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Peringati Hari Anak, Ganjar Ajak Anak Mainkan Permainan Tradisional Kembali

SEMARANG, Jowonews.com – Keluarga sebagai Penopang dan Pelidung Anak-anak, menjadi tema dalam gelaran acara peringatan Hari Anak Nasional 2019. Kegiatan yang turut di hadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, Siti Atiqoh Supriyanti, berlangsung secara meriah di anjungan Kota Semarang, Grand Maerakaca, Selasa (23/7/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengajak anak-anak bermain bersama permainan tradisional sundamanda atau yang biasa disebut dengan engklek. Tentu saja, ajakan Ganjar disambut meriah anak-anak yang mengikuti acara tersebut.

“Ayo coba praktikkan cara mainnya bagaimana, siapa yang bisa, ayo maju ke depan. Main sama Pak Gub,” pintanya

Mendapat permintaan tersebut, segerombolan anak berebut maju ke depan dan mempraktikkan cara bermain sudamanda.

Setelah mengajak anak-anak mempraktikkan permainan sudamanda, Ganjar membagikan sejumlah hadiah seperti mainan, raket bulu tangkis, sepeda, dan lainnya bagi anak-anak yang berani maju ke depan untuk bernyayi, bercerita, maupun mengaji di depan panggung

Usai acara, Ganjar mengingatkan, pentingnya anak anak untuk bermain bersama dengan kawan kawannya, dibandingkan bermain hanya dengan menatap gawai, dan tidak melakukan interaksi apapun. Menurutnya bermain bersama dengan teman sepermainan, bisa merangsang anak saling mengenal satu sama lain.

“Kalau mereka bermain kemudian berkumpul seperti itu, mereka akan merasakan secara langsung rasanya sebagai anak. Mereka berteman, solidaritas, saling membantu, sehingga karakter mereka akan muncul, yang tidak akan bertanya temenku ini agamanya apa ya? Sukunya apa ya? Dari golongan mana ya?,” bebernya.

Selain itu, peran tua menjadi sangat penting untuk merangsang anak anaknya agar percaya diri, dan memiliki keberanian yang kuat.

“Nah, untuk orang tua harus mendampingi anak-anak kita. Ada narasi-narasi positif yang perlu kita berikan. Dan kita juga perlu memberikan teladan kepada anak-anak kita. Hati-hati di luar sana banyak narkoba bullying, ada ajaran-ajaran yang menyesatkan. Orang tua wajib menjaga. Mudah-mudahan di hari anak ini semua jadi peduli sama anak-anak kita,” pesannya.

BACA JUGA  Mantan Ketua PWI Akui Pernah Terima Amplop Dari Ganjar

Sementara itu, Wulandari, siswa kelas 6 SD Bintara 14, mengaku senang bisa mendapat sepeda hadiah dari pak gubernur.

“Senang sekali, tadi habis nyanyi Garuda Pancasila di depan panggung, dilihatin pak Gub. Terus disuruh milih hadiah. Saya akhirnya milih sepeda yang warnanya merah,” tutupnya. (jwn5)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...