Jowonews

Logo Jowonews Brown

Peringati Kemerdekaan, KAI Berikan Tiket Gratis Prameks

prameksPurwokerto, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan tiket gratis KA Prameks jurusan Kutoarjo-Solo tepat HUT Proklamasi 17 Agustus 2015 pukul 08.00-17.00 WIB, kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

Layanan tiket gratis yang bertajuk ‘Program Merdeka’ ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia dan mendukung program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ dari Kementerian BUMN, katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (14/8) kemarin.

Layanan tiket gratis yang diberlakukan khusus untuk hari Senin (17/8), pukul 08.00-17.00 WIB tersebut mencakup 100 perjalanan KA Lokal bersubsidi di Jawa dan 13 perjalanan KA Lokal bersubsidi di Sumatera.

Selain untuk KA Lokal bersubsidi, lanjut dia, program naik kereta api gratis itu juga diberikan untuk KRL Commuter Line di Jabodetabek, sedangkan untuk KA Bandara Kualanamu, Medan, pada hari yang sama akan diberikan “Diskon Kemerdekaan” sebesar 70 persen.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa KA Prameks merupakan salah satu KA Lokal bersubsidi (PSO) yang akan diberikan layanan tiket gratis.

“Akan tetapi tidak semua jam keberangkatan KA Prameks akan mendapat fasilitas tiket gratis ini karena yang menjadi acuan gratis adalah jadwal keberangkatan dari suatu stasiun antara pukul 08.00 WIB dan pukul 17.00 WIB. KA Prameks keberangkatan sebelum pukul 08.00 WIB dan setelah pukul 17.00 WIB diberlakukan tarif normal,” katanya.

Menurut dia, layanan tiket gratis itu akan diberlakukan untuk KA Prameks rute Kutoarjo-Yogyakarta-SOlo keberangkatan pukul 08.45 WIB sedangkan untuk KA Prameks keberangkatan pukul 06.15 WIB dan pukul 19.05 WIB diberlakukan tarif normal.

Selain KA Prameks rute Kutoarjo-Yogyakarta-Solo, kata dia, layanan tiket gratis juga diberikan untuk KA Prameks rute Solo-Yogyakarta pergi pulang. “Sesuai jam keberangkatannya, secara keseluruhan ada sembilan perjalanan KA Prameks yang akan mendapat fasilitas tiket gratis ini,” katanya.

BACA JUGA  Pilkada Wonosobo: Calon Tunggal Afif-Albar Unggul

Menurut dia, jumlah penumpang juga akan dibatasi sesuai kapasitas maksimum kereta seperti yang diberlakukan pada hari-hari biasa. “Kapasitas KA Prameks akan disesuaikan dengan jenis rangkaiannya. Saat ini ada dua macam rangkaian KA Prameks, yakni rangkaian KRD (Kereta Rel Diesel) dengan kapasitas 800 penumpang dan KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) dengan kapasitas 450 penumpang,” pungkasnya. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...