Jowonews

Logo Jowonews Brown

PKB Jateng Ajak Masyarakat Lawan Intoleransi

SEMARANG, Jowonews.com — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Jawa Tengah mengajak masyarakat melawan berbagai gerakan intoleransi di beberapa daerah yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia dan di Jateng khususnya untuk tidak takut melawan gerakan intoleransi,” kata Koordinator Lapangan Mahfudz Shodiq di sela aksi damai yang berlangsung di Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (13/2).

Para peserta aksi damai terlihat membagikan bunga mawar dan mengatakan kalimat “Kami Tidak Takut!” kepada sejumlah pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut.

Bunga mawar dipilih sebagai simbol kedamaian agar tidak lagi terjadi tragedi kekerasan antarumat di Indonesia.

Menurut dia, aksi damai ini merupakan inisiatif dari para pemuda PKB sebagai wujud kritikan keras terhadap gerakan intoleransi yang menyerang tokoh agama di beberapa daerah.

“Tindak kekerasan dan persekusi yang menimpa Biksu Mulyanto Nurhalim di Kabupaten Tangerang dan penganiayaan terhadap jemaat Gereja Santa Ludwina, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi tamparan bagi kita semua,” ujarnya.

Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman menambahkan atas peristiwa tersebut pihaknya menyesalkan seluruh kebiadaban yang sarat dengan sentimen keagamaan.

DPW PKB Jateng ingin mengingatkan pemerintah, pemuka agama, dan ormas-ormas keagamaan bahwa potret nyata kerukunan antarumat beragama itu terletak di tingkat akar rumput.

“Kerukunan antarumat beragama tidak cukup hanya dibangun secara simbolik-elitis dalam acara-acara pertemuan antaragama,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...