Jowonews

Logo Jowonews Brown

PMI Segera Salurkan Bantuan Tangki Air

JAKARTA,Jowonews.com — Palang Merah Indonesia mengirimkan bantuan tangki air untuk pengungsi korban gempa Lombok, guna memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah tersebut, kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Jakarta, Senin.

“Kita sudah berbicara dengan Pak Gubernur (Muhammad Zainul Majdi) tadi siang, kebutuhan dasar antara lain air; jadi kita (PMI) kirim tangki air ke sana,” kata Wapres Jusuf Kalla di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Jakarta, Senin.

PMI juga telah menerjunkan tim ke Lombok dan Bali untuk melakukan pertolongan kepada korban, termasuk mendirikan pos kesehatan bagi para pengungsi korban gempa.

“PMI aktif semua, menolong orang, mengevakuasi, dan mendirikan pos-pos kesehatan, oleh PMI. Kita juga mengirimkan paket-paket pertolongan (aid kit) ke sana,” tambahnya.

Gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Nusa Tenggara Barat, Minggu petang (5/8) pukul 18.46 WIB, hingga menyebabkan 91 orang meninggal dan 209 orang mengalami luka-luka. Kebanyakan korban meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Badan Meteorologi, Klimatologi da Geosika (BMKG) mencatat gempa tersebut berada di titik koordinat 8.37 Lintang Selatan dan 116.48 Bujur Timur pada lereng Utara-Timur Laut Gunung Rinjani. Gempa terjadi di kedalaman 15 kilometer dan sempat dinyatakan berpotensi tsunami.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...