Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PNS Harus Netral di Pilwalkot Magelang

pilkadaMagelang, Jowonews.com – Pemerintah Kota Magelang meminta para pegawai negeri sipil di daerah setempat untuk tetap bersikap netral dalam proses pemilihan kepala daerah 2015 yang digelar 9 Desember mendatang.

Menurut Sekretaris Daerah Pemkot Magelang, Sugiharto, setidaknya sudah ada dua surat edaran, yang satu dari Kementerian Dalam Negeri dan satunya lagi juga dari pemkot untuk mengingatkan agar PNS tetap netral. “Surat edaran telah difotokopi banyak-banyak dan dibagikan ke seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah),” katanya, Senin (24/8) di Magelang.

Menurut Sugiharto, mereka yang harus bersikap netral dalam pilkada juga dari kalangan pegawai di badan usaha milih daerah. Akan tetapi, katanya, mereka yang tinggal di Kota Magelang dan berhak memilih, harus menggunakan hak pilihnya dengan baik pada pilkada mendatang. “Hanya saja, dalam seluruh tahapan pilkada ini, mereka harus bersikap netral,” tegasnya.

Sugiharto menjelaskan pengawasan terhadap netralitas PNS menjadi wewenang panitia pengawas pemilu. “Jika ada PNS yang diduga tidak netral dalam pilkada, akan dipanggil oleh panwas, kalau terbukti selanjutnya disampaikan kepada pemkot untuk dikenai tindakan sesuai dengan aturan tentang dispilin PNS,” tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang menetapkan tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat untuk Pilkada 2015, Muh. Haryanto-Agus Susetyo (Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa), Sigit Widyonindito-Windarti Agustina (PDI Perjuangan dan Partai Gerindra), dan Joko Prasetyo-Priyo Waspodo (jalur perseorangan). (JN03)

BACA JUGA  Berkas Kurang, 8 PNS K2 di Kendal Tak Dapat NIP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...