Jowonews

Logo Jowonews Brown

Polda Metro Tahan Mahasiswa Papua Penganiaya Polisi

JAKARTA, Jowonews.com – Penyidik Polda Metro Jaya menahan sementara dua mahasiswa Surya Research Institute asal Papua yang menjadi tersangka dugaan penganiayaan terhadap dua anggota Polsek Kelapa Dua Tangerang Banten.

“Memang sementara kita tahan untuk pembelajaran yang lainnya,” kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian di Jakarta, Rabu (2/12) malam.

Tito mengatakan polisi mempertimbangkan menahan sementara dua tersangka itu agar mahasiswa lainnya sadar resiko yang dihadapi ketika bertindak melanggar hukum.

Tito mengakui beberapa tokoh nasional asal Papua mengajukan permohonan penangguhan penahanan bagi kedua tersangka itu.

Alasannya karena kedua tersangka itu tercatat sebagai mahasiswa aktif yang tengah menuntut ilmu.

Namun mantan Kapolda Papua itu menyatakan penyidik juga akan mempertimbangkan penangguhan penahanan dalam waktu dekat.

Tito mengungkapkan aksi pengeroyokan terhadap dua anggota Polsek Kelapa Dua itu terkait dengan aksi demonstrasi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat pada Selasa (1/12).

Aksi tersebut, menurut Tito tanpa pemberitahuan kepada aparat kepolisian sehingga petugas membubarkan pengunjuk rasa yang berujuk ricuh.

“Mereka (koordinator aksi) bilang sudah kirim surat pemberitahuannya via faksimil. Nomor faksimil yang mana? Karena di Direktorat Intel tidak ada,” ujar Tito.

Sebelumnya, rombongan mahasiswa asal Papua mengeroyok dua anggota Polsek Kelapa Dua Inspektur Satu Habib dan Brigadir Polisi Wiwit.

Kedua anggota Polsek Kelapa Dua itu dianiaya puluhan mahasiswa STKIP Surya asal Papua saat mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-15807 Jalan Raya Gading Serpong Kav 4/1 Pakulonan Barat, Kelapa Dua Tangerang Banten pada Selasa (1/12) pagi.

Diduga kelompok mahasiswa itu akan bergabung dengan massa asal Papua di Bundaran HI guna berunjuk rasa sebagai bentuk aspirasi dan ekspresi identitas Papua setiap 1 Desember yang rencananya akan long march menuju Istana Kepresidenan.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Polisi Ringkus Perampok Rumah Kosong di Tembalang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...