Jowonews

Logo Jowonews Brown

Polemik Vaksin MR, MUI Minta Umat Tunggu Fatwa

JAKARTA,Jowonews.com — Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Cholil Nafis meminta umat Islam dapat menunggu fatwa kehalalan vaksin Measles Rubella (MR), karena pihaknya belum mengeluarkan sampai saat ini.

Menurut Cholil, di Palu, Minggu, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia baru mendatangi MUI Pusat. Pertemuan tersebut, menghasilakn pihak Kemenkes bertekat untuk mengajukan sertifikasi halal.Tetap MR diajukan ke MUI untuk diaudit bagaimana kehalalanya, baru pada Jumat(3/8) Menteri Kesehatan datang ke MUI. Kita dialog panjang, sampai tentang kondisi di masyarakat. Jangan sampai ada yang masuk ketubuh kita yang haram,” katanya.

Cholil menjelaskan keputusan sementara, sebagai Muslim berhak untuk tidak divaksinasi. Tetapi kata dia, orang non Muslim tidak perlu tahu halal dan haramnya MR tersebut. Untuk itu diimbau harus lebih hati-hati.

Umat Muslim saat ini, tidak perlu dilakukan vaksinasi, hingga menunggu sampai proses kehalalanya. Pihaknya juga belum memastikan kapan MR mendapatkan sertifkkasi halal, karena proses panjang dalam pengujian vaksin MR.

“Jadi kita tidak melarang vaksinasinya, tapi MR jangan pernah dikatakan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Kita teliti secepatnya, kita akan proses,” tegas Cholil.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...