Jowonews

Positif COVID-19 di Temanggung Bertambah 9 Kasus

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung hari ini bertambah sembilan orang dari hasil tes swab yang dilakukan beberapa hari lalu, kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijianto.

Gotri di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan setelah Lebaran, tim gugus tugas melaksanakan tes cepat secara acak di pasar dan tempat kerumunan yang lain. Pada tahap pertama sebanyak 54 orang sudah keluar hasil tes swab semuanya negatif.

Kemudian hasil tes swab tahap kedua sebanyak 568 orang sudah keluar hasilnya sebanyak 95 orang, dengan rincian 86 orang dinyatakan negatif dan sembilan orang dinyatakan positif.

“Hal ini menjadi keprihatikan kita semua setelah Lebaran ternyata masih ada kasus positif COVID-19 di kabupaten Temanggung,” katanya.

Ia menuturkan dari sembilan pasien positif COVID-19 itu berada di Kecamatan Bejen satu orang, Kecamatan Bansari dua orang, dan Kecamatan Wonoboyo enam orang.

“Sebanyak enam orang di Kecamatan Wonoboyo ini, empat orang dari transmisi pasar dan dua dari transmisi luar, yakni satu orang pulang dari Jakarta dan satu orang pulang dari Amerika Serikat,” katanya.

Ia menyampaikan tim gugus tugas hari ini juga telah melaksanakan konsolidasi kegiatan di desa-desa, dan berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sering mencuci tangan memakai sabun, menjaga imunitas tubuh, menjaga jarak, dan jangan keluar rumah kalau tidak ada urusan penting.

“Hal ini sangat riskan sekali, ketika hasilnya terus bertambah akan menjadi lebih sulit bagi kami untuk melaksanakan tracking atau pelacakan kepada mereka yang kontak dekat,” katanya.

Ia menyebutkan dari 568 orang yang telah melakukan melakukan tes swab, baru 95 orang yang keluar hasilnya, sisanya masih 473 orang dan masih menunggu hasil swab berikutnya.

BACA JUGA  Kemenhub Hemat Rp10,4 triliun untuk Pengendalian Covid-19

Gotri menyebutkan total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung sebanyak 64 orang, 31 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, 32 orang masih dirawat, dan satu orang meninggal dunia. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...