Jowonews

Logo Jowonews Brown

Produksi Tekstil Jateng Stagnan

SEMARANG, Jowonews.com – Produksi tekstil dan barang tekstil di Jawa Tengah tahun ini relatif stagnan. Bahkan menjelang akhir tahun ini produksinya juga tidak mengalami peningkatan yang cignifikan.
“Produksi stagnan, tidak ada peningkatan sama sekali,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Kota Semarang Agung Wahono di Semarang, Selasa (22/11).

Padahal, biasanya jelang akhir tahun selalu ada kenaikan produksi antara 5-6 persen. Bahkan, peningkatan produksi ini mulai terasa saat 3-4 bulan sebelum akhir tahun. “Biasanya permintaan pasar yang mengalami peningkatan dari Amerika Serikat dan Eropa, kebutuhan mereka akan tekstil meningkat karena untuk menyambut Natal,” imbuhnya.

Dikatakan, tidak meningkatnya produksi kali ini karena dampak dari kondisi ekonomi global yang belum kembali pulih. Dengan demikian, permintaan dari pasar asingpun tidak mengalami peningkatan.

Terkait hal itu, pihaknya berharap agar kondisi ekonomi segera kembali pulih seperti sedia kala. Dengan demikian, volume produksi kembali meningkat.

Sementara itu, Agung mengatakan tekstil sendiri merupakan komoditas ekspor terbesar dari Jawa Tengah. Dengan demikian, kondisi yang terjadi saat ini berdampak terhadap penurunan ekspor secara keseluruhan.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat angka ekspor Jateng pada bulan Oktober mengalami penurunan sebesar 2,79 persen.

“Dari data kami, nilai ekspor Jawa Tengah pada bulan Oktober sebesar 418,94 juta dolar AS atau turun dibandingkan ekspor bulan September sebesar 430,98 juta dolar AS,” kata Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Jawa Tengah Samiran.

Dikatakan, saat ini salah satu negara tujuan ekspor terbesar Jawa Tengah adalah Amerika Serikat. Menurut data, hingga saat ini negara tersebut belum kembali pulih dari lesunya kondisi ekonomi yang terjadi secara global beberapa waktu lalu.

“Kondisi ini menjadi salah satu pemicu penurunan volume ekspor dari Jawa Tengah secara keseluruhan,” terangnya. (jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...