Jowonews

Logo Jowonews Brown

Prof Subroto Senang Juniornya Maju Pilgub Jawa Tengah

JAKARTA, Jowonews.com – Mantan Sekjen Sekjen OPEC (organisasi negera-negara pengekspor minyak) Prof Subroto merasa senang mendengar junironya, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terpanggil untuk ikut dalam Pilgub Jawa Tengah 2018.

“Ini boleh, jangan ingin pulang kampung kemudian jualan telur asin seperti saya baca di media,” kata Mantan Menteri Pertambangan dan Energi dua periode (1978-1988) dalam pertemuan dengan Sudriman Said di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Lebih baik maju pilkada jadi Gubernur dari pada bilang mau pulang ke Brebes jualan telor asin,” tuturnya sambil tertawa lepas

Mengetahui Sudirman akan maju dalam Pilgub Jateng 2018, Subroto memberikan banyak masukan serta nasihat politik dan ekonomi kepada Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi ini.

Secara politik, menurut Subroto ada lima hal yang dapat membuat suatu bangsa atau wilayah maju dan mampu mengejar ketertinggalannya.

Pertama, pemimpin yang visioner dan mengayomi rakyatnya. Seorang yang menjadi pemimpin harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada khalayak atau rakyat yang dipimpinnya.

Kedua, rakyat yang patuh kepada pemimpinnya. “Jawa Tengah itu rakyatnya manutan (patuh) pada pemimpin. Sehingga tidak sulit diajak bergerak untuk membangun daerahnya,” kata Subroto.

Ketiga dari sisi geografis letak Jateng sangat strategis karena menjadi daerah perlintasan perdagangan antara Jatim ke Jabar, dan sebaliknya. “Posisi ini sangat menguntungkan secara ekonomi,” kata Subroto.

Kemudian yang keempat, harus dibangun talent pool, orang-orang berbakat yang bisa menjadi pandu perjuangan, manggala pembangunan.

Terakhir, Jateng memiliki banyak media massa, yang bisa dijadikan mitra untuk menyebarluaskan program-program pembangunan.

 

Sudirman Said menyimak dengan seksama dan tanpak menikmati diskusi dengan Prof Subroto.

“Saya selalu menikmati diskusi dengan beliau. Tidak banyak tokoh dengan usia senior tapi masih up to date dan tajam dalam menganalisis situasi,” ujar Sudirman.  (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...