Jowonews

Logo Jowonews Brown

Proyek Jembatan Tambaklulang Mulai Dikerjakan

jembatanKudus, Jowonews.com– Pembangunan Jembatan Tambaklulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (8/7) pagi mulai dikerjakan, menyusul hadirnya alat berat yang mulai menggali untuk pondasi jembatan.

“Efektif mulai dihitung pengerjaan adalah hari ini,” kata Kepala Dinas Bina Marga Energi dan Sumberdaya Mineral (BMPESDM) Kudus, Sam’ani Intakoris, di Kudus.

Disampaikan, proyek ini merupakan proyek pembangunan jembatan baru. Tak seperti pengerjaan di jembatan Ploso, yang membangun ulang jembatabn yang sudah ada.

Menurut Sam’ani, proyek ini menelan anggaran Rp6 miliar, yang bersumber dari APBD Murni 2015 Kudus. “Kalau jembatan Ploso kan sumber dananya dari bantuan gubernur (Bangub),” ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut, lokasi proyek pembangunan jembatan adalah tanah milik negara. Sehingga, tidak memerlukan proses pembebasan lahan. Hanya, akses jalan dari dan menuju jembatan, sedikit memakan pagar
rumah milik warga. Serta pagar sebuah tempat peribadatan.

“Sehingga, jembatan ini nantinya tidak langsung lurus ke akses jalan. Agak sedikit berbelok. Kalau dipaksa lurus bisa, tapi nanti prosesnya lama, karena harus berurusan dengan pembebasan lahan,” ucapnya.

Sementara itu, akses jalan dari dan menuju jembatan juga akan diperlebar. Dari semula sekitar 2,5 meter akan dibuat menjadi empat meter. “Akses jalan nanti juga akan dibeton, agar kuat,” ucapnya.

Kepala Seksi Pembngunan Rehabilitasi Jalan dan Jembatan, Jaswanto, mengatakan jembatan yang akan dibangun nantinya mempunyai panjang sekitar 45 meter. Serta memiliki total lebar 5,5 meter. “Dengan trotoar di masing-masing sisi selebar setengah meter, jadi lebar efektif jembatan adalah empat meter,” ucapnya.

Menurut dia, bentuk jembatan tipe C itu nantinya adalah menggunakan rangka baja, tanpa pilar di tengahnya. Lama waktu pengerjaan, dikatakan, memakan waktu sekitar enam bulan. “Jembatan akan mampu dilewati kendaraan dengan tonase maksimal 15 ton,” katanya. (JN04)

BACA JUGA  Ratusan Dai Dan Mubaligh Di Yogyakarta Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...