Jowonews

Logo Jowonews Brown

PT. Indah Kiat Raih Penghargaan PEEN Kementerian ESDM

JAKARTA, Jowonews.com – PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang meraih gelar pemenang pertama Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) untuk kategori Manajemen Energi pada Industri Besar dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Siaran pers Humas PT Sinar Mas, induk perusahaan IKKP yang diterima di Jakarta, Kamis menyatakan penghargaan yang diberikan pada malam penganugerahan PEEN tahun 2015 di Jakarta mengidentifikasikan bahwa perusahaan menunjukkan peningkatan dalam hal manajemen energi.

“Kami menyambut baik apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM. Hal ini mendorong kami untuk terus berupaya dalam efisiensi energi di tiap unit industri kami,”ujar Direktur APP Suhendra Wiriadinata.

Ia mengatakan penghematan energi menjadi unsur penting, selain dapat mengoptimalkan nilai produksi, juga turut andil menyelamatkan energi untuk masa depan bangsa.

Sementara itu. Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan kompetisi PEEN ini sekaligus mempromosikan pemanfaatan energi di regional ASEAN.

Penghargaan ini membuat motivasi perusahaan-perusahaan negeri dan swasta untuk menggenjot program hemat energi, katanya.

Menurut Manajer Energi IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin, upaya dilakukan perusahaan dalam efisiensi energi, antara lain penyuluhan kepada seluruh karyawan pabrik akan pentingnya melakukan penghematan energi, aktivitas optimasi sistem di pabrik (contoh sederhana menyesuaikan suhu air conditioner di kantor).

Hal tersebut terlihat dari pencapaian penghematan energi dari tahun ke tahun (2011 ke 2014) mengalami peningkatan sekitar 13,7 persen untuk listrik dan 18 persen untuk steam.

IKPP Tangerang juga meraih penghargaan industri hijau level 5 secara berturut-turut sejak tahun 2011 sampai 2015 dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 sejak tahun 1997, OHSAS 18001 tahun 2007 dan SMK3 tahun 2011.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Pansus Pelindo Minta Pemerintah Larang Deutsche Bank Beroperasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...