Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Puluhan Jalan di Jateng Dapat Perhatian Khusus Pemprov

jalan magelang rusak. (Foto : magelang online)
Jalur Semarang yang Macet (Foto : Tribun)
Jalur Semarang yang Macet (Foto : Tribun)

Semarang, Jowonews.com – Sejumlah 52 ruas jalan tingkat nasional dan provinsi memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena kondisinya rawan ambles dan longsor. Menurut Bambang Nugroho, Kepala Dinas Bina Marga Jateng,  dari 263 ruas jalan yang ada di Jateng, 20 persen di antaranya mendapat perhatian khusus.

Bambang menjelaskan bahwa tingkat kerawanan di tiap ruas jalan itu berbeda-beda dan untuk ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Jateng, Dinas Bina Marga akan mendesain ulang pembangunannya serta mengalokasikan anggaran. “Secara bertahap, alokasi anggaran pembangunan infrastruktur tiap tahun juga akan menyasar ruas-ruas jalan yang rawan ambles dan longsor itu,” ujarnya, selasa (14/4/2015) kemarin.

Menurut dia, Dinas Bina Marga Jateng sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan sejumlah instansi terkait dalam pengawasan terhadap puluhan ruas jalan yang rawan. “Kami bersama Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah teus memantau daerah, termasuk ruas-ruas jalan yang rawan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Bambang mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah memetakan jembatan di Jateng yang rawan mengalami kerusakan akibat faktor alam dan faktor usia. “Jumlah jembatan yang rawan rusak di Jateng cukup banyak antara lain, Jembatan Kebon Agung di Purworejo dan Jembatan Cindaga di Cilacap,” pungkasnya. (JN03)

BACA JUGA  Legislator Minta Pemprov Jateng Kebut Penyerapan Anggaran

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...