Jowonews

Logo Jowonews Brown

Puluhan Mualaf Ikuti Pelatihan Bisnis di Magelang

MAGELANG, Jowonews.com – Puluhan perwakilan mualaf dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Bina Usaha Muslim Indonesia (BUMI) mengikuti pelatihan bisnis di kompleks Masjid Al Mahdi Kota Magelang, Jawa Tengah.

Panitia Pelaksana Pelatihan, Iskandar Chang di Magelang, Minggu, mengatakan kegiatan yang berlkangsung pada 3-5 Februari 2018 ini untuk mewujudkan kontribusi umat Islam di Indonesia, bagi agama, masyarakat maupun negara.

“Total peserta ada 60 orang. Melalui pelatihan ini, kami ingin umat Islam, khususnya yang tergabung dalam BUMI ini untuk berkontribusi besar terhadap agama Islam di Indonesia dengan kegiatan bisnis,” tuturnya.

Ia menjelaskan BUMI memiliki banyak anggota dari seluruh Indonesia, termasuk para mualaf dari etnis Tionghoa dan etnis lainnya.

“Kegiatan ini baru embrio pembentukan. Ke depan, kami akan membuat semacam unit usaha bisnis tapi sifatnya fasilitator edukasi kepada mualaf untuk meningkatkan usaha mereka. Semacam inkubasi bisnis,” ujarnya.

Ia mengatakan sebagian kegiatan dilaksanakan berupa pendidikan yang sifatnya bisa langsung dipakai oleh umat, yakni berupa pembuatan sabun.

Menurut dia tujuan akhir dari kegiatan ini nantinya adalah dari sisi ekonomi bisa memiliki badan hukum. Kemudian BUMI bisa ada di seluruh Indonesia serta memiliki perusahaan yang sifatnya untuk membantu kaum dhuafa.

Kegiatan yang sudah berlangsung ketiga kalinya ini, katanya BUMI mengundang beberapa ulama besar untuk menjadi pembicara, salah satunya Habib Husein Assegaf.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengaku sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan yang digelar oleh BUMI.

“Kami tentu sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan keagamaan seperti ini. Sejalan dengan visi misi Kota Magelang sebagai kota jasa yang moderen dan cerdas dilandasi dengan masyarakat sejahtera dan religius,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini nantinya dapat memberikan manfaat kepada seluruh kaum muslim di Indonesia. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...