Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Purbalingga Dorong Pelaku Desa Wisata Sinergi dengan UMKM

PURBALINGGA, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mendorong pelaku desa wisata untuk bersinergi dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Selama ini, pelaku desa wisata memang belum fokus terhadap pengembangan UMKM sehingga sering kali wisatawan yang berkunjung ke desa wisata itu menanyakan kerajinan maupun kuliner khas Purbalingga yang dapat dibeli sebagai cendera mata,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Jumat.

Oleh karena itu, kata dia, dengan adanya sinergi antara pelaku desa wisata dan UMKM diharapkan terjadi simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Apalagi para pelaku desa wisata telah menyampaikan keinginannya untuk menggandeng UMKM yang bergerak di bidang kerajinan dan kuliner khas Purbalingga agar mereka bisa memasarkan produknya di desa wisata yang hingga saat ini, kunjungan wisatawannya menunjukkan tren kenaikan,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Purbalingga Aris Widianto mengatakan bahwa kunjungan wisata di sejumlah desa wisata khususnya Desa Panusupan dan Tanalum, Kecamatan Rembang, sejak bulan Desember 2015 hingga Februari 2015 cenderung menunjukkan kenaikan.

Dia mencontohkan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Panusupan pada bulan Januari 2016 mencapai lebih dari 11.000 orang sedangkan di Desa Wisata Tanalum sekitar 10.000 orang.

Ia mengakui jika banyak wisatawan yang mengeluhkan sulitnya mencari cendera mata khas Purbalingga termasuk belum adanya tempat makanan yang khas di desa wisata.

“Terkait hal itu, kami mengajak para pelaku UMKM untuk bekerja sama memasarkan kerajinan dan kuliner khas Purbalingga bagi wisatawan yang mengunjungi desa wisata,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Daya Pikat Gili Di NTB Mengikat Hati Wisatawan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...