Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Purbalingga Terus Promosikan Desa Wisata via Socmed

Salah satu obyek desa wisata Purbayasa, Purbalingga.
Salah satu obyek desa wisata Purbayasa, Purbalingga.
Salah satu obyek desa wisata Purbayasa, Purbalingga.

Purbalingga, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga, Jawa Tengah, berupaya memasarkan potensi desa wisata di kabupaten itu melalui dunia maya atau jaringan internet.

“Bahkan, kami juga sedang menyiapkan laman khusus pariwisata dengan alamat http://www.purbalinggatourism.com yang nantinya akan ditautkan pada laman resmi Pemerintah Kabupaten Purbalingga, yakni http://www.purbalinggakab.go.id,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Rabu (23/9).

Menurut dia, laman tersebut akan dikelola sepenuhnya oleh administrator dari Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga dengan substansi pemberitaan berupa liputan kegiatan Bidang Pariwisata maupun dari pengelola desa wisata.

Ia mengharapkan laman tersebut akan lebih mempromosikan potensi pariwisata Purbalingga, khususnya desa wisata.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan pelatihan internet bagi pelaku wisata guna membangun laman dan pelibatan mereka dalam menyuplai data-data promosi. “Para pelaku wisata selain mengoptimalkan penggunaan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Line, untuk promosi wisata. Diharapkan dengan laman ini promosi akan makin maksimal,” katanya.

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku wisata dalam mempromosikan desa wisatanya.

Bahkan, kata dia, beberapa desa wisata di Purbalingga juga sudah menyiapkan laman promosinya sendiri, baik dalam bentuk portal komersial maupun masih sebatas blog.

Ia mengatakan bahwa kondisi tersebut menunjukkan jika para pelaku desa wisata sudah melek informasi dan menyadari akan pentingnya jejaring promosi melalui teknologi internet.

Dari sisi kemampuan penguasaan internet, lanjut dia, para pelaku desa wisata sudah lumayan baik. Namun, yang perlu ditingkatkan lagi dalam hal teknik pengambilan dokumentasi foto promosi dan gaya bahasa penulisan yang komunikatif.

“Oleh karena itu, kami akan menjajaki kerja sama dengan Bagian Humas Sekretariat Daerah Purbalingga dan Forum Wartawan Purbalingga (FWP) untuk menggelar pelatihan teknik fotografi dan teknik penulisan promosi wisata. Kami harapkan dengan penguasaan itu, para pelaku desa wisata akan makin mudah mengeksplorasi desanya,” kata Prayitno. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Dukung Kebaya Goes To Unesco, 500 Perempuan Purbalingga Semarakkan Parade Kebaya

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...