Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Rajaban, Warga Berebut Gunungan di Astana Kuntul Nglayang

KENDAL, Jowonews.com – Ratusan warga Desa ProtomulyoN Kecamatan Kaliwungu Selatan tadi sore mengikuti peringatan Rajaban Astana Kuntul Nglayang di Makam Pangeran Djuminah. Acara dimulai dengan mengiring gunungan dan aneka makan yang dibawa oleh warga setempat. Setelah sampai di pendopo, selanjutnya dilakukan pembacaan tahlil dan doa. Tapi di luar pendopo warga sudah saling berebut gunungan yang berisi hasil-hasil pertanian.

Aksi desak-desakan dan berebut makanan terjadi saat dilakukan pembacaan tahlil. Ratusan warga berebut untuk mendapatkan makanan yang ada di gunungan. Sebelum acara dimulai dilakukan pelepasan puluhan burung oleh Danramil Kaliwung Kapten Inf Moh Amin.

Salah satu warga Solekah, 39, mengaku tiap tahun selalu hadir di acara rajaban dengan membawa aneka makanan. Tradisi rajaban sudah dilakukan sejak zaman dahulu untuk memeringati perjuangan Pangerah Djuminah yang berasal dari Yogyakarta.

“Makanan yang dibawa selanjutnya ditukar dengan makanan orang lain di sekitar makam,” ujar Solikah.

Ketua panitia Prabowo mengaku kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak lama. Tujuannya untuk memeringati perjuangan Pangeran Djuminah. Berdasarkan posisi makam, makam Pangeran Djuminah berada di bagian kepala atau atas. Kemudian di bagian kanan Makam Sunan Katong, bagian kiri Makam Kiai Guru, dan bagian ekor Pakuwojo.

“Jadi mereka merupakan kesatuan yang utuh dalam memperjuangkan Islam di Kaliwungu,” ujar Prabowo.

Prabowo mengaku sebelumnya tradisi rajaban dilakukan secara individu. Namun sejak 7 tahun terakhir dikoordinir agar lebih guyub. Termasuk rebutan gunungan memang sudah tradisi dan dipersilakan bagi kaum muda.

“Jadi yang boleh berebut hanya anak-anak muda sebagai simbol agar mereka giat dan rajin bekerja mencari nafkah,” ujar Prabowo. (jn09/jn03)

BACA JUGA  Warga Kendal Bongkar Paksa Gorong Gorong Penyebab Banjir

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...