Jowonews

Logo Jowonews Brown

Raskin Jelek Bisa Ditukar dengan Kualitas Bagus

SOLO, Jowonews.com – Masyarakat yang menerima beras raskin dengan kualitas jelek dan tidak layak dikonsumsi bias ditukarkan dengan beras yang kualitas yang lebih bagus.
Kepala Perum Bulog Sub-Divre III wilayah Surakarta, Rizal Mulyawan, mengatakan jika warga penerima menemukan beras jelek segera melapor, dan dapat ditukarkan kualitas yang lebih baru. “Warga mendapat beras jelek dapat ditukarkan langsung,” kata Rizal Mulyawan, di Solo, Minggu (25/9).

Hal tersebut, kata Rizal Mulyawan, saat menanggapi adanya seorang warga Kabupaten Wonogiri, yang mengeluh soal kualitas raskin pada acara berdialog dengan Gubernur Jateng, dalam peringatan Hari Tani Nusantara di Sukoharjo, beberapa waktu lalu.

Rizal Mulyawan menjelaskan bahwa penyaluran untuk Kabupaten Wonogiri hingga alokasi Oktober 2016 ini, memang terdapat beberapa alokasi penyaluran raskin menggunakan beras kualitas premium. Dikatakan, beras premium tersebut yang spesifikasi, dan harganya lebih baik dibanding dengan beras medium yang disalurkan kepada warga saat ini.

Menurut dia, sebagai gambaran bahwa beras premium harganya mencapai Rp9.200 per kilogram, sedangkan kualitas medium harga pembelian pemerinta (HPP) Rp7.300/kg. Oleh karena itu, Rumah Tangga Sasaran (RTS) menerima jatah raskin kualitas medium ada kesan bahwa berasnya lebih jelek dibanding sebelumnya yang premium.

Namun, kata Rizal, jika warga memang bener-benar menemukan ada beras yang jelek atau rusak, akibat terkena air hujan saat pendistribusian atau berkutu misalnya, dipersilahkan segera melapor kepada gudang pengirim untuk diganti yang baru. “Beras kualitas premium memang beberapa bulan sebelum sempat dibagikan kepada warga, tetapi mulai Agustus kembali ke medium,” terangnya. (Jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...